Published On: Sel, Des 26th, 2017

Spot Wisata Baru, Taman Jodoh Diserbu Wisatawan

BENGKULU, PB – Lokasi Wisata Taman Jodoh di kawasan Pantai Tapak Paderi Bengkulu, Selasa (26/12) ramai dikunjungi Wisatawan.

Spot wisata baru yang terletak di Jalan Pariwisata Kelurahan Kebun Keling ini dikunjungi mayoritas wisatawan berasal dari luar kota Bengkulu.

Tomi (25), Pengelola Wisata Taman Jodoh saat ditemui di lokasi mengatakan, padatnya jumlah pengunjung lokasi wisata yang dikelolanya lantaran saat ini telah memasuki momen liburan panjang.

“Sebagian besar yang datang ini adalah remaja. Kebanyakan justru berasal dari luar daerah pak. Selain libur panjang, saat ini masih dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru. Kami prediksi, jumlah pengunjung akan lebih banyak lagi saat Tahun baru 1 Januari 2018 mendatang,” ujarnya sembari mengambil uang retribusi masuk para pengunjung.

Lihat juga : Wonderful Bengkulu 2020, Ini Respon Menteri Bambang Brodjonegoro

Dijelaskan Tomi, mulanya lokasi Taman Jodoh dalam keadaan sepi dan tak terawat. Namun, atas inisiatif warga setempat, pemuda Kebun Keling dan pemuda Pondok Besi bersatu untuk membangun aset potensi daerah wisata ini, maka jadilah saat ini Taman Jodoh menjadi salah satu destinasi wisata warga Kota Bengkulu.

“Kami sangat mendukung program pemerintah yakni Wonderful Bengkulu 2020. Wisata ini akan kami kembangkan berdasarkan kemampuan kreatifitas kami. Kami sangat berharap kepada pemerintah untuk membantu dana pihak pengelola guna menjaga aset yang ada ini agar tetap terjaga dan berkembang lebih baik lagi,” ujar Tomi.

Sementara itu, Hendri (32) warga dari Kota Lubuk linggau mengatakan, dirinya mengetahui lokasi ini dari media sosial.

“Kebetulan hari libur panjang, mengajak anak-anak untuk rekreasi ke Bengkulu dan langsung menuju kelokasi taman jodoh. Lokasinya bagus, tulisan, rumah pohonnya begitu kreatif, ke depan mungkin bisa ditambah live musik,” ujar Hendri.

Pantauan Pedoman Bengkulu di lokasi, sejumlah kreasi yang dibuat pengelola banyak yang menyita perhatian pengunjung. Diantaranya, banyaknya dekorasi untuk spot selfie, dekorasi dibuat dengan kayu dan aneka daur ulang sampah yang dibentuk secara kreatif, berbentuk rumah pohon, bunga, dan sebagainya.

Simak juga : Rakyat Menanti Pembangunan Infrastruktur dari Pemprov Bengkulu

Lalu, tulisan dari papan seperti I Love You, Love Mom, dekorasi sayap kupu-kupu dan sejumlah plang tulisan galau anak muda. “Tangismu lukaku, senyummu bahagiaku,” begitu contohnya.

Hanya saja, spot yang paling populer adalah dinding yang penuh tempelan sepatu dan sandal, bertuliskan Pagar Biro Jodoh. Disana terdapat dinding yang terbuat dari bambu, di dinding itu digantung ratusan sandal dan sepatu kusam.

Jauh sebelumnya, bersebelahan dengan Taman Jodoh, berkat kreatifitas warga juga, telah berdiri Pondok Sandal Jodoh. Kreatifitas warga seperti ini merupakan modal sosial yang sangat penting dilestarikan untuk mewujudkan Bengkulu sebagai pusat destinasi wisata di Pulau Sumatera. [Antonio Wijaya]