Ketua Tim Tagih Sisir Bapenda Kota Bengkulu Hakiman

BENGKULU, PB – Program Tagih Sisir yang dilaksanakan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bengkulu terbukti berhasil. Pasalnya dari modal yang dialokasikan sebesar Rp100 juta, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut telah berhasil mengumpulkan Rp400 juta.

Lihat juga : RT/RW Dilibatkan Data Ulang PBB

Kepala Bidang Pengelolaan PBB dan BPHTB Bapenda Kota Bengkulu, Gita Gama menyampaikan, angka perolehan tersebut belum dihitung semua. Artinya saat ini tim tagih sisir masih melakukan penagihan kepada penunggak PBB.

“Saya proyeksikan kita bisa kumpulkan Rp500 juta,” ujar Gita, baru-baru ini.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Ketua Tim Tagih Sisir Bapenda Kota Bengkulu Hakiman, program ini sebenarnya tidak ada capaian target realisasi pendapatan. Sebab, tujuan utama dari program ini adalah edukasi kepada wajib pajak agar taat membayarkan pajaknya.

“Sasaran kita adalah penunggak pajak yang nilainya diatas Rp 500 ribu,” ungkapnya.

Selama program ini berlangsung, sambungnya, tim tagih sisir mengingatkan kepada wajib pajak yang belum membayarkan pajak bisa melunasi PBB langsung kepada petugas atau kelurahan dan RT. Temuan di lapangan, banyak para penunggak yang berjanji akan melunasi langsung dengan datang ke kantor.

“Tempo pembayaran kan kita perpanjang menjadi 31 Desember, artinya mereka memang masih bisa membayar hingga waktu tersebut,” ungkapnya.

Simak juga : Demi Pembangunan, Sesda Kota Minta Penerimaan PBB Digeber

Lebih rinci, Kasubid Penagihan dan Keberatan PBB dan BPHTB itu menyampaikan, realisasi saat ini yang telah dilaporkan lebih kurang Rp 400 juta. Terbanyak berhasil dikumpulkan dari Kecamatan Ratu Samban dan Gading Cempaka.

“Di program tagih sisir ini, kita bagi 5 tim yang bertugas untuk menyisir kecamatan-kecamatan,” pungkasnya. [Tedi Cahyono]

Berikut Hasil Sementara Tagih Sisir Bapenda Kota Bengkulu
1. Kecamatan Ratu Agung dan Singaran Pati Rp 97.308.359
2. Kecamatan Ratu Samban dan Gading Cempaka Rp 97.401.194
3. Kecamatan Teluk Segara Rp 65.885.691
4. Kecamatan Selebar dan Kampung Melayu Rp 39.629.226
5. Kecamatan Muara Bangkahulu dan Sungai Serut Rp 6.431.954