Published On: Kam, Des 7th, 2017

UMB Jalin Kerjasama dengan Puluhan Universitas Ternama di Taiwan

REKTOR Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) Dr H Ahmad Dasan SH MA kembali melakukan perjalanan keluar Negeri untuk melakukan serangkaian kerjasama dengan puluhan universitas ternama di Taiwan berupa penandatangan Memorandum of Understanding (MoU).

Perjalanan menuju Taiwan dimulai pada 5 Desember 2017. Rektor yang dikenal bersahaja tersebut direncanakan berada di Taiwan selama sepekan.

Perjalanan ini dilakukan guna memenuhi undangan Kementrian Pendidikan Taiwan dengan biaya penuh dari pihak pemerintahan Taiwan. Adapun sasaran utama kerjasamanya yaitu dalam bidang peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), riset dan kewirausahaan dan lainnya.

Lihat juga : Stand UMB Terbaik Kedua Bengkulu Expo

Salah satu universitas yang bekerjasama adalah Universitas Alethria Taiwan. Universitas ini merupakan perguruan tinggi swasta terbesar yang memiliki dua kampus dan mengelola 18 program studi. Dari kampus ini, UMB akan belajar tentang layanan berbasis online.

Tak hanya itu, kampus tersebut juga menyediakan fasilitas internet bebas akses dan tidak berbayar. Termasuk berlangganan dengan 900 lebih majalah sebagai referensi bacaan mahasiswa.

“Yang pasti kita akan mengadopsi banyak hal yang cocok untuk diterapkan di UMB nantinya. Termasuk mengintip program rekreasi dan pelatihan yang mereka terapkan,” kata Rektor, Kamis (7/12/2017).

Baca juga : Semnas Bimbingan Konseling, UMB Cetak Mahasiswa yang Berhasil dan Bekerja

Sarana dan prasarana Aletheia juga terbilang lengkap. Bahkan ruang belajar yang dilengkapi dengan AC serta tersedianya lapangan olahraga hampir seluruh cabang olahraga seperti bulutangkis, basket, voli dan masih banyak lagi. Asrama mahasiswa kampus tersebut juga akan menjadi perhatian.

Adapun Beberapa rektor universitas Muhammadiyah yang ikut dalam delegasi ini diantaranya Rektor Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dan sebagainya.

H Ahmad Dasan SH MA berharap ke depan akan semakin banyak bentuk kerjasama antar negara yang dilakukan universitas-universitas dibawah naungan Muhammadiyah. Kerjasama internasional tersebut bertujuan mempercepat universitas Muhammadiyah untuk menjadi perguruan tinggi kelas dunia.

Simak juga : UMB Gelar Lomba Paskibra dan Tebar Benih Ikan di Kolam Raksasa

Dalam kesempatan ini, Rektor UMB juga mempromosikan Bengkulu dan produknya seperti miniatur Rafflesia Arnoldy, Batik Basurek, Kopi Bengkulu dan Lempuk Bengkulu. Leader visitor kegiatan ini mengapresiasi keindahan Kain Besurek dengan selalu menggunakan syal Batik Besurek selama kunjungan berlangsung. [Nurhas Bunaida]

Berikut daftar universitas di Taiwan yang akan bekerjasama dengan UMB:

Aletheia University
University of Taipei
Chungyu University of Film and Arts
Chienkuo Technology University
Chia Nan University of Pharmacy & Science
National Formosa University
FoGuang University
Chaoyang University of Technology
National Taipei University of Nursing and Health Sciences
Yuanpel Univrsity of Medical Technology
Fooyin University, Chang Jung Christian University
National Yunling University of Science and Technology
National Kaohsiung University of Applied Science
Hsing Wu University
National Dong Hwa University
National Quemoy University
National Penghu University of Science and Technology
Feng Chia University
Da Yeh University

981 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

iklan khusus