DALAM mendukung dan membudayakan jiwa wirausaha sejak dini khususnya di kalangan mahasiswa, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB), Senin (18/12/2017), menyelenggarakan Seminar Pekan Terpadu Kewirausahaan dengan tema “Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa agar Menjadi Kreatif, Inovatif dan Mandiri”.

Seminar ini mengambil tempat di Aula lantai enam Kampus IV UMB.

Seminar ini menghadirkan Drs H S Effendi MS sebagai narasumber.

Baca juga : Gelar Semnas, Upaya FE UMB Cetak Wirausahawan Tangguh

Mahasiswa sebagai agen penggerak perubahan di negeri ini harus berperan aktif khususnya dalam bidang ekonomi untuk menjadi pelopor terbentuknya perekonomian nasiaonal yang tangguh.

“Oleh karena itu sudah saatnya kita merubah paradigma berpikir dikalangan mahasiswa, yakni dari pola pikir sempit dimana hanya mencari kerja setelah lulus kuliah menjadi pola pikir yang luas dimana mahasiswa mulai berpikir untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk banyak orang setelah lulus kuliah,” ungkap Dekan FE UMB Furqonti Ranidiah tentang seminar ini.

Kegiatan ini dilakukan untuk dapat menciptakan seorang wirausaha yang berintegritas tinggi dimana dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan wirausaha yang dirintis sejak duduk di bangku kuliah.

Beberapa orang berpendapat bahwa kemampuan wirausaha adalah bakat yang dibawa sejak lahir. Pendapat itu sebenarnya keliru, karena kemampuan wirausaha bukanlah faktor bakat, tetapi juga akan timbul dan terarah melalui pengalaman-pengalaman dan pelatihan-pelatihan kewirausahaan.

“Bentuk kegiatan ini adalah seminar tentang bagaimana pengalaman dan pengetahuan para pembicara mengenai kewirausahaan, sehingga menjadikan wirausaha merupakan pilihan yang terbaik dari pilihan-pilihan terbaik lainnya,” ujarnya.

Dalam acara ini mahasiswa diberikan sesi tanya jawab sekaligus sharing mengenai berbagai hal yang bersangkutan dengan wirausaha.

Baca juga : UMB Jalin Kerjasama dengan Puluhan Universitas Ternama di Taiwan

Terpisah, Wakil Dekan I dan III Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Ahmad Sumarlan MSi kepada Pedoman Bengkulu menyampaikan harapannya kepada para mahasiswa supaya tergerak untuk mengetahui lebih dalam maupun terjun langsung ke dalam bidang kewirausahaan.

“Animo mahasiswa terhadap seminar ini sangat tinggi,” ungkap Sumarlan.

Peserta seminar ini diikuti 365 orang. Selama seminar berlangsung peserta yang hadir diberikan pengetahuan mengenai mendirikan dan menjalankan bisnis. Mereka juga dibekali berbagai pengalaman kreatif para pembicara selama berbisnis.

Kelanjutan dari seminar ini akan digelar bazar tiga hari ke depan di kampus dua UMB. Sebanyak 43 stand akan menawarkan makanan dan souvenir. [Nurhas Bunaida]