Sosialisasi penempatan dan peluang kerja setelah lulus SMK yang diselenggarakan Disnaker dan SMK Negeri 3 Kota Bengkulu, Kamis (18/1/2018).

SEKOLAH Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kota Bengkulu bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan Kota Bengkulu menggelar sosialisasi penempatan dan peluang kerja setelah lulus SMK.

Sosialisasi ini diselenggarakan di SMKN 3 Kota Bengkulu pada hari Kamis 18 Januari 2018, menghadirkan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) College Bengkulu Lutfi Aziz SE Ak sebagai narasumber.

Dalam pemaparan materinya, Lutfi Aziz SE Ak menyampaikan bahwa perkembangan bisnis yang demikian pesat saat ini membutuhkan tenaga kerja yang berbakat dan siap pakai yang menuntut profesionalisme, kematangan, kesiapan dan kejelian dalam mengenali dan menangkap setiap peluang sebagai konsekuensi logis dari persaingan yang kian tajam dan beragam.

“Gelar sarjana bukan jaminan untuk menjadi tenaga kerja siap pakai atau bahkan untuk mendapatkan kerja yang layak dalam dunia kerja,” katanya.

Persaingan ketat, lanjutnya, akan menjadi nasib buruk bagi para pencari kerja yang tidak memiliki dasar pengetahuan, keterampilan praktis dan kemampuan analisis yang handal.

Lihat juga : 80 Persen Telah Bekerja, Mahasiswa LP3I Angkatan IX Diwisuda

Lebih lanjut Lutfi Aziz menjelaskan bahwa LP3I melalui program-program siap pendidikannya menjawab tantangan. Proses belajar mengajar disajikan melalui pendekatan praktis, diskusi kelompok, simulasi, role play dan latihan/kerja praktek (on-the-job training).

Disamping itu diadakan kegiatan mentoring agama untuk pembinaan mental spiritual, antara lain untuk memupuk sikap jujur, disiplin, memiliki etika, sopan santun dan moral secara umum.

“Pokoknya, mau kuliah dan langsung cepat kerja, LP3I aja Solusi mudah tepat dan cepat kerja,” tutur Lutfi.

Terpisah Kepala Sekolah SMKN 3 Kota Bengkulu, Dra Yendrianis MPd menyampaikan bahwa sosialisasi ini bertujuan memberikan wawasan kepada calon mahasiswa ketika memutuskan untuk kuliah.

Salah satu perguruan tinggi yang bisa menjadi pilihan mereka adalah LP3I dimana sudah terbukti lulusannya menurut Yendrianis, dijamin langsung mendapat kerja. Bahkan, ketika masih duduk di bangku kuliah pun sudah ditawarkan pekerjaan.

Simak juga : LP3I Buka Jurusan Manajemen Perhotelan

Sosialisasi ini diikuti siswa siswi kelas tiga SMKN 3 Kota Bengkulu. Sebagai institusi pendidikan vokasi, LP3I College Bengkulu diharapkan terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan profesi untuk melahirkan tenaga kerja yang mampu bersaing di era globalisasi seperti sekarang ini.

“Semoga kedepan LP3I College Bengkulu mampu menjadi pelopor pendidikan profesi yang berorientasi ke dunia kerja tanpa meninggalkan kaidah-kaidah akademis demi terbentuknya sumber daya manusia yang kompeten, profesional, beriman dan bertaqwa, serta selaras dengan kebutuhan dunia kerja di era global yang semakin kompetitif,” pungkas Yendriani. [Nurhas Bunaida]