Pemda Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu memusatkan Shalat Khusuf di Masjid Raya Baitul Izzah, Rabu (31/1/2018).

BENGKULU, PB – Tanggal 31 Januari menjadi momentum langka untuk tiga peristiwa luar biasa yang terjadi secara bersamaan. NASA mengidentifikasi tiga fenomena itu berupa supermoon, blue moon, dan gerhana bulan total. Peristiwa ini dinanti semua orang di seluruh dunia karena menjanjikan penampakan bulan yang indah.

Di Bengkulu fenomena ini, disambut masyarakat dengan melaksanakan Shalat Sunah Gerhana Bulan (khusuf) di setiap masjid, mengharapkan keberkahan dan keridhaan Allah SWT. Sementara Pemda Provinsi Bengkulu bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu memusatkan Shalat Khusuf di Masjid Raya Baitul Izzah.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri yang mewakili Plt Gubernur Bengkulu. Hadir juga beberapa Pejabat dan ASN Pemprov dan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu serta masyarakat sekitar kawasan Masjid Raya Baitul Izzah.

Dengan adanya Super Blue Blood Moon ini, Asisten I Setda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengimbau masyarakat Bumi Rafflesia memaknainya sebagai sebuah fenomena langka untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, bukan mengartikan atau mengait-ngaitkan hal ini dengan mitos-mitos yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Dengan kita melaksanakan shalat khusuf pada gerhana bulan ini, kita mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan iman kita, mengkoreksi diri dengan mengimpelemtasikan kepada program-program membangun Provinsi Bengkulu kedepan,” ungkap Hamka Sabri usai mengikuti Shalat Gerhana Bulan Berjama’ah, di Masjid Baitul Izzah Kota Bengkulu, Rabu (31/01).

Gerhana Bulan

Lanjut Hamka Sabri, dirinya mengaku bangga atas semangat masyarakat yang beramai-ramai datang ke masjid untuk melaksanakan shalat khusuf tersebut. Dirinya juga berharap, kedepan bukan saat moment seperti ini saja masjid menjadi ramai, akan tetapi bisa seterusnya meramaikan dan memakmurkan masjid.

“Kalau kita lihat jama’ah yang hadir malam ini sungguh luar biasa. Berarti semangat kita mendekatkan diri kepada Allah di dalam membangun sosial kemasyarakatan lebih tinggi di Provinsi Bengkulu,” tutupnya. [Rian/MC Humas Pemprov/Ifan Salianto]