Waka II DPRD Kota Bengkulu Teuku Zulkarnain

BENGKULU, PB – Wakil Ketua II DPRD Kota Bengkulu, Teuku Zulkarnain berharap kepada Penjabat Walikota Budiman Ismaun agar tetap mensukseskan pelaksanaan program Dana Bergulir Satu Miliar Satu Kelurahan (Samisake) yang telah digagas oleh mantan Walikota Helmi Hasan sebelumnya dengan konsisten dan konsekuen.

“Kita harapkan program itu tetap berjalan, dikarenakan Peraturan Daerahnya sudah ada dan dasar hukumnya juga jelas ” kata Teuku kepada jurnalis, Rabu (24/01/2018).

Teuku menjelaskan, habisnya masa jabatan Walikota Helmi Hasan dan Wakil Walikota Patriana Sosialinda bukan berarti program yang ditujukan untuk memerangi pengangguran dan kemiskinan ini juga terhenti.

“Kalau misal jika persoalannya nanti masa walikotanya berganti atau masa jabatannya habis, apakah program yang selama ini di jalankan habis? Tentu jawabannya tidak. Perdanya sudah ada. Tinggal Penjabat Walikota ini mau menseriuskannya atau tidak,” ujarnya.

Teuku melanjutkan, program ini merupakan program unggulan Pemerintah Kota yang langsung bersentuhan dengan kepentingan rakyat.

“Kita berharap kepada Penjabat Walikota ini masih melanjutkan program itu, karena dasar hukumnya itu sudah ada sebagai acuan pedoman caretaker tersebut, dan serta program-program unggulan lainnya mesti juga dijalankan kedepannya,” demikian Teuku.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Bengkulu dengan persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bengkulu telah menerbitkan Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor 12 2013 tentang Pengelolaan Dana Bergulir Samisake dan terakhir direvisi menjadi Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2017 tentang Pengelolaan Dana Bergulir Samisake.

Peraturan daerah ini kemudian dijabarkan dalam Peraturan Walikota Bengkulu Nomor 27 Tahun 2013 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Dana Bergulir Samisake dan Peraturan Walikota Bengkulu Nomor 28 Tahun 2013 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bergulir Samisake. [Antonio Wijaya]