Menara suar di Pelabuhan Pulau Baai kian menarik dikunjungi oleh warga yang ingin menghabiskan akhir pekannya.

Antonio Wijaya, KOTA BENGKULU

Populer dengan sebutan Lentera Merah, mereka berdatangan ke lokasi tersebut hanya untuk sekedar berfoto diri atau selfie hingga sebagai latar praweeding maupun memancing.

“Beberapa bulan terakhir Lentera Merah ramai dikunjungi anak-anak remaja, pemuda dan keluarga terutama untuk kegiatan foto,” ujar Fuad (40), warga Simpang Kandis Kecamatan Kampung Melayu yang sehari-hari menjaring ikan di tepian pesisir Lentera Merah ini, Minggu (07/01/2018).

Lentera Merah adalah menara suar yang dicat berwarna merah dan dilengkapi satu lampu yang memancarkan cahaya berwarna merah dengan tujuan untuk mengatur kapal-kapal masuk dan keluar pelabuhan.

Lihat juga : Spot Wisata Baru, Taman Jodoh Diserbu Wisatawan

Selain itu, di pintu alur masuk Pelabuhan Pulau Baai ini juga terdapat satu menara lainnya yang berada di seberang pantai yakni Lentera Hijau karena bercat hijau dan dilengkapi lampu suar berwarna hijau.

Namun Lentera Merah ini lebih populer, karena posisinya menjorok ke laut sehingga pemandangan laut lepas bisa masuk dalam kamera.

Sedangkan satu menara suar yang berwarna hijau mesti dijangkau dengan menggunakan ojek kapal untuk menyebrang.

Dulunya tempat Lentera Merah ini dikenal sebagai spot pancing yang dipadati pemancing, terutama saat akhir pekan.

Sejak budaya selfie meluas, para pemancing akhirnya harus bersaing mencari tempat yang strategis dengan para remaja, pemuda ataupun keluarga yang ingin ke Lentera Merah.

Untuk memasuki area wisata ini memakan waktu sekitar 15 menit dari tempat pertigaan Jalan Raya Simpang Kandis Pelabuhan Pulau Baai.

Simak juga : Arung Jeram Sungai Manna dan Rally Rakit Tradisional Masuk Kelender Event Wisata 2018

Kemudian untuk retribusi parkir dan keamanan akan dikenakan biaya sebesar Rp5 ribu dan di lokasi disediakan ojek kapal bagi wisatawan yang ingin menyebrang ke Lentera Hijau ataupun untuk cepat sampai ke titik lokasi Lentera Merah. [**]