Tim Asistensi dan Suvervisi Mabes Polri saat acara asistensi dan supervisi dalam rangka Pilkada serentak tahun 2018, dan Pileg serta Pilpres tahun 2019 di gedung Adem Mapolda Bengkulu, Selasa (30/1/2018).

BENGKULU, PB – Ketua Tim Asistensi dan Suvervisi Mabes Polri, Irjen Pol Suroso Hadi Siswoyo, Selasa (30/1), mengajak seluruh stakeholder di Bengkulu untuk mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi 2018-2019 dengan cara memperkuat koordinasi dan komunikasi antar elemen instansi yang ada.

“Bersama-sama kita wujudkan demokrasi yang bersih, pegang teguh prinsip serta rangkul semua elemen masyarakat,” ujar Ketua Tim Asistensi dan Suvervisi Mabes Polri saat acara asistensi dan supervisi dalam rangka Pilkada serentak tahun 2018, dan Pileg serta Pilpres tahun 2019 di gedung Adem Mapolda Bengkulu.

Baca juga: Pilwakot dan Racun Akun Abal-Abal

Disisi lain, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dalam sambutannya mengingatkan seluruh. Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada agar tidak terlibat dalam politik praktis selama berjalannya Pilkada.

“Dalam waktu dekat ini akan diselenggarakan Pemilihan Umum Walikota Bengkulu. Saya harap, para ASN bisa menjaga netralitas secara maksimal dan tidak terlibat dalam politik praktis. Jika peringatan ini tetap tidak di indahkan dan ternyata masih ada ASN yang terbukti terlibat maka akan diberi sanksi sesuai kode etik disiplin ASN,” ujar Rohidin.

Simak juga: Pilwakot Pilih Siapa?

Sementara itu, Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Coki Manurung mengatakan dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu, petugas harus memprioritaskan sikap pencegahan terhadap konflik yang berpotensi timbul selama pelaksanaan Pemilu.

“Lakukan pemetaan konflik secara rinci, utamakan pendekatan persuasif dan pencegahan terhadap konflik. Pastikan kesiapan peralatan dan personil, rangkul dan kolaborasi dengan semua elemen masyarakat serta jaga kebersamaan, sinergitas antara seluruh elemen,” tegas Coki.

Pantauan Pedoman Bengkulu, Tim Asistensi dan Supervisi Mabes Polri dipimpin Irjen Pol Drs Suroso Hadi Siswoyo MSi melakukan pengecekan langsung kesiapan Polda Bengkulu dalam mengahadapi rangkaian pelaksanaan Pemilu di Provinsi Bengkulu. [Ifan Salianto]