Ilustrasi Siswa Sekolah Dasar

SELUMA, PB – Dinas Pendidikan Kabulaten Seluma mencatat, penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Kabupaten Seluma tingkat Sekolah Dasar (SD) sesuai SK tahun 2017 sebanyak 9798 orang. Sedangkan yang baru mencairkan sebanyak 7226 siswa, sedangkan sisanya 2332 hingga saat ini belum dicairkan.

“Sudah ada yang kita verifikasi, 850 siswa penerima tidak ditemukan. Alasannya, ada yang tidak aktif lagi ada juga yang sudah pindah sekolah,” kata Kasi Kurikulum, Kesiswaan dan Pengembangan Karekter Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Seluma, Zezman Bajuri diruang kerjanya, Rabu (07/02/2018).

Zezman menambahkan, dari 181 Sekolah Dasar, total anggaran untuk KIP dari kementetian sebesar Rp3 miliar lebih untuk satu tahun. Sistem pencairannya sendiri, melalui rekening bank BRI yang diurus oleh orang tua murid sesuai petunjuk pihak sekolah.

“Uangnya masuk langsung ke buku tabungan siswa,” jelasnya.

Menurut dia, data penerima KIP merupakan usulan dari pihak sekolah yang diusulkan melalui data via online ke kementerian melalui operator sekolah. Termasuk layak atau tidaknya penerima KIP merupakan penilaian dari sekolah. Pihak dinas sendiri, hanya melakukan verifikasi data tersebut. [Sepriandi]