Panwaslih, KPU dan Satpo PP Kota Bengkulu ketika menggelar penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) berupa Baliho dan Spanduk Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu 2018, Rabu (28/2).

BENGKULU, PB – Tim terpadu gabungan dari Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpo PP) Kota Bengkulu, Rabu (28/2), menggelar penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) berupa Baliho dan Spanduk Pasangan Calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu 2018. Penertiban diberlakukan terhadap APK yang terpasang diluar ketentuan yang berlaku. Baik ukuran serta lokasi pemasangan.

“Berdasarkan laporan warga serta pengamatan kami, banyak APK Paslon Walikota yang terpasang bukan dilokasi lokasi yang telah ditentukan oleh KPU, ukuran yang bukan sesuai dengan ketentuan KPU kami tertibkan hari ini. Termasuk dengan Baliho dan Spanduk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terpasang masih terdapat foto salah satu Paslon juga kami rekomendasikan untuk ditertibkan,” ujar Ketua Panwaslih Kota Bengkulu Rayendra Pirasad, usai pelaksanaan penertiban, Rabu (28/2).

Dikatakan Rayendra, sesuai ketentuan dan kesepakatan Paslon dan KPU, pemasangan APK sendiri baru akan dilakukan terhitung bulan Maret 2018 dengan sejumlah ketentuan dari KPU Kota Bengkulu, baik ukuran maupun konten isi APK itu sendiri.

“Tanpa terkecuali, APK seluruh Paslon kita tertibkan tadi,” ujarnya.

Sementara itu, Darlinsyah, Ketua KPU Kota Bengkulu mengatakan penertiban APK merupakan kewenangan penuh pihak Panwaslih.

“KPU dan Satpol PP sifatnya hanya memback up saja tadi. Jika menurut Panwaslih melanggar maka jelas akan ditertibkan,” ujar Darlinsyah.

Ditambahkan Darlinsyah, APK yang telah ditertibkan merupakan APK sosialisasi buatan masing masing Paslon dan Tim pemenangan. Sedangkan, untuk APK yang ditetapkan konten isi maupun ukuran sesuai dengan PKPU baru akan dipasang pertengahan bulan Maret 2018 mendatang.

“Sesuai dengan kontrak antara KPU dan Paslon, APK yang diperbolehkan sesuai ketentuan KPU itu baru akan dipasang bulan maret nanti. Jadi KPU sendiri belum sama sekali mengeluarkan rujukan apapun untuk pemasangan APK,” ujar Darlinsyah. [Ifan Salianto]