DPRD Bengkulu Utara menerima aspirasi belasan mahasiswa Unras

BENGKULU UTARA, PB – Belasan Mahasiswa Universitas Ratu Samban (Unras) penerima bantuan beasiswa dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara, Senin (12/2) mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bengkulu Utara.

Apa pasal? Kedatangan mahasiswa tersebut dengan tujuan untuk memperoleh bantuan dari Dewan agar beasiswa yang telah dianggarkan tahun 2017 lalu dapat segera dicairkan oleh Pemerintah Daerah terkait. Agar ada titik terang terkait beasiswa yang sudah dianggarkan tahun 2017 oleh pihak Pemda namun belum dicairkan.

Yoki, Juru bicara sekaligus Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unras menyampaikan jika hingga saat ini pemerintah daerah tak kunjung merealisasikan beasiswa tahun anggaran 2017 terhadap 90 orang Mahasiswa penerima. Padahal, saat ini telah lewat tahun anggaran.

“Kami menganggap pemerintah daerah seolah-olah tutup mata dan telinga terhadap persoalan ini. Dana beasiswa itu telah dianggarkan. Namun, sampai saat ini kami belum juga menerimanya. Kami sudah berupaya menempuh berbagai jalan komunikasi dengan pihak pemerintah. Tetapi tak ada hasilnya,” ujar Yoki.

Ditambahkan Yoki, maksud kedatangan ke DPRD Bengkulu Utara ini yaitu meminta agar Dewan setempat membantu melakukan komunikasi dengan pihak eksekutif. Sehingga, masalah tersebut dapat titik terang.

“Jika Pemerintah tidak mau membayarnya kami minta terus terang saja. Tidak apa apa. Kami ini bukan orang mampu jadi kami mohon dengan sangat kepada bapak bupati untuk dapat mencairkan uang yang memang sudah dianggarakan tersebut agar kami dapat melanjutkan perkuliahan seperti biasanya,” tegas Yoki.

Dibagian lain, Ketua Komisi I DPRD Bengkulu Utara, Fitra Martin saat menerima perwakilan Mahasiswa mengatakan, pihaknya berjanji akan segera menindaklanjuti tuntutan yang disampaikan para aktivis kampus tersebut.

“Tentu akan segera kita tindaklanjuti persoalan yang menyangkut beasiswa ini. Kita akan segera memanggil Kepala BPKAD guna mendapatkan penjelasan. Sebelum itu kita perlu juga meminta sejumlah dokumen yang berkaitan dengan beasiswa dimaksud. Apapun hasil pertemuan dengan pihak terkait nanti akan langsung kami sampaikan kepada Mahasiswa,” kata Fitra Martin. [Evi Kusnandar]