MASA pakai aki motor idealnya antara 2 hingga 2,5 tahun. Namun umur pakai itu bisa lebih cepat berkurang atau sebaliknya, tergantung dari cara perawatan pemilik sepeda motor.

Seperti menjaga level ketinggian air aki atau menghindari beban arus berlebih hingga bisa mencapai usia pakai paling maksimal, juga berfungsi sebagai media penghantar arus listrik.

Dipasok oleh alternator ke sel aki. Oleh sebab itu, bila sel aki tidak terendam air, maka proses pengisian arus listrik ke aki atau accumulator tidak akan bekerja sempurna.

Seperti diketahui, fungsi aki bukan hanya menyimpan listrikĀ  yang dihasilkan oleh sepul dengan putaran magnet. Komponen ini pun sebagai stabilisator alat listrik serta pemberi daya listrik bagi komponen yang membutuhkan macam lampu, klakson atau perangkat elektrik di motor lainnya.

Makanya akiĀ tidak layak sejatinya bisa dilihat langsung dari ciri fisik. Seperti wadah aki menggembung atau terjadi kerusakan sel. Wadah aki menggembung bisa dilihat secara transparan dari bentuk luar.

Penyebabnya karena kelebihan gas hidrogen akibat terjadi overcharge atau sering mengkorsletkan aki untuk mengecek arus.

Untuk aki yang mengalami kerusakan sel, jika sudah parah bisa menyebabkan soak. Itu karena sel yang berfungsi untuk menyimpan arus mulai rusak, maka pengisian yang dilakukan alternator tidak dapat disimpan.

Gejalanya yang dialami mesin susah distarter, bunyi klakson lemah atau nyala lampu sein redup. Untuk menghindari masalah, PT Astra Honda Motor (AHM) mengeluarkan aki khusus buat semua tipe motor Honda.

Pakai label Honda Genuine Battery. Aki ini bukan cuma minim perawatan tapi juga sesuai dengan karakteristik berkendara di Indonesia. Makanya secara kualitas sudah tidak perlu diragukan lagi.

Agar mudah diingat dan konsumen dapat mengenali keaslian part ini, Honda Genuine Battery dikemas dengan tampilan khas. Selain spesifi kasi untuk membedakan jenis motor, pada kemasan dan wadah aki juga ikut dicantumkan lambang Kepak Sayap dan juga logo PT Astra Honda Motor.

Honda Genuine Battery dengan kualitas jaminan Honda juga memiliki 5 keunggulan yang bisa dijadikan panduan konsumen saat membeli aki khusus untuk motor Honda.

Pertama, pasti lebih aman karena valve atau safety filter membantu mengurangi kelebihan gas akibat tekanan yang disebabkan overcharge.

Kedua, cover atas terpasang sangat presisi ke container agar tidak mudah bocor.

Ketiga, lebih awet lantaran mur-baut terminal aki dilapis bahan anti korosi sehingga bebas dari karat.

Keempat, arus setrum lebih stabil karena masingmasing grid dibuat dari bahan khusus yang memiliki resistansi rendah agar penyimpanan arus lebih maksimal.

Kelima, Honda Genuine Battery memiliki separator dari bahan absorbant glass mate yang diklaim mampu menyimpan cairan secara maksimal dan dapat Kemasan Baru Kemasan Lama menahan air aki di dalam wadah agar tidak tumpah.

Jadi, ketika kena guncangan hebat pun pun tidak perlu takut merusak komponen di sekitarnya.

Untuk melakukan perawatan aki tipe ini, yang perlu diperhatikan adalah cukup mengecek tegangan aki secara berkala.

Bila muatan listriknya berkurang, maka cukup tambahkan muatan listrik dengan cara menyetrum ulang.

Biasakan juga membersihkan terminal aki dari kotoran atau karat agar aliran listrik tetap stabil. [Nurhas Bunaida]