TERKAIT dengan pantai, Bengkulu punya potensi wisata yang menjanjikan. Beranjak dari kota lalu singgah di Bengkulu Tengah, disana juga terdapat pantai yang memanjakan mata. Pantai Padang Betuah namanya.

Pantai ini masih tergolong perawan sebab masih sangat dibutuhkan sentuhan agar keindahan pantai lebih terawat dan ramai pengunjung.

Untuk menikmati pesona pantai yang berbeda ini, bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Waktu tempuh yang dihabiskan dari kota Bengkulu menuju Pantai Padang Betuah kurang lebih 30 menit.

Untuk lokasinya sendiri berada di perbatasan Kabupaten Bengkulu Tengah atau tepatnya di Desa Padang Betuah Kecamatan Pondok Kelapa. Oleh sebab itu, dengan aksesnya yang terbilang cukup mudah, pantai Padang Betuah Pondok Kelapa ini juga sering dijadikan sebagai destinasi wisata lokal masyarakat sekitar.

Uniknya, Pantai Padang Betuah ini bersebelahan dengan danau alami. Namun terpisahkan oleh hamparan pasir diantara keduanya. Tak sedikit pengunjung yang mengatakan keadaan ini seperti dua orang yang bersama namun sejatinya terpisah. Manis sekali filosofi cinta yang digambarkan oleh Pantai Padang Betuah.

Pernah mendengar istilah LDR atau Long Distance Relationship? Begitulah kira-kira situasinya. Dua hati yang bersama namun sesungguhnya raga terpisah.

Jika ingin mengabadikan moment menarik tersebut, jagalah jarak berdiri 2 meter dari bibir tebing, sebab rawan longsor. Sebenarnya pengunjung bisa saja turun dan berlari di pasir pantai untuk bermain air laut ataupun menyambangi danau. Akan tetapi pengunjung harus menuruni tebing sekitar 4 meter tanpa ada anak tangga.

Hebatnya lagi saat berdiri di atas tebing, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan Gunung Bungkuk (salah satu ikon Kabupaten Bengkulu Tengah) yang ada di sisi kiri danau dan laut.

Banyak pengunjung yang berdatangan di Padang Betuah Pondok Kelapa ini untuk menikmati pemandangan alamnya yang sangat indah. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan dua buah danau yang lokasinya berada di sisi tepian pantai.

Dikatakan bahwa salah satu daya tarik dari lokasi Padang Betuah Pondok Kelapa juga terdapat pada celah di setiap karang yang terbentuk dari adanya abrasi secara kontinyu. Sehingga akan menciptakan pesona indah batu karang yang dihantam deburan ombak.

Selain itu, banyak orang yang memanfaatkan lokasi wisata Padang Betuah ini sebagai area memancing di lokasi yang airnya lebih tenang. Konon, di sini juga merupakan surga para ikan, sehingga tidak mengherankan jika pengunjung akan melihat pemandangan orang memancing saat berada di lokasi.

Bagi pengunjung yang ingin berwisata dan bersantai di Pantai Padang Betuah sangat disarankan untuk membawa makanan sebagai pelengkap. Namun, haruslah dibawa dari rumah atau dibeli dalam perjalanan sebelum gang SMPN 5 sebab pengunjung tak akan menemui warung di lokasi Pantai. [Eva De]