Rapat Pleno Penetapan Calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu di Hotel Santika, Senin (12/02/2018)

BENGKULU, PB – Pasca penetapan Pasangan Calon (Paslon) walikota dan wakil walikota Bengkulu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu berencana akan melakukan tahapan pengundian nomor urut empat Paslon walikota dan wakil walikota Bengkulu, 13 Februari 2018 di Hotel Santika Bengkulu. Dalam kegiatan ini, KPU telah menetapkan metode pengundian nomor urut yaitu menggunakan Bola Pingpong (Bolping).

“Nanti sebelum diundi, para Paslon mengambil nomor pengundian terlebih dahulu untuk menentukan siapa yang berhak mengambil nomor undian pertama kali,” ujar Darlinsyah, Ketua KPU Bengkulu usai pelaksanaan pleno penetapan calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu, Senin (12/2/2018).

Dijelaskan Darlinsyah, setiap paslon memiliki kesempatan sebanyak 5 kali untuk mengambil nomor urut.

“Jadi nanti kita siapkan Bolping sebanyak 20 buah. Nah yang berisi nomor urut cuma empat Bolpim. Setiap paslon memiliki peluang 5 kali untuk mengambil Bolping hingga mendapatkan Bolping berisikan nomor urut,” ujar Darlinsyah.

Ketua KPU Kota Bengkulu, Darlinsyah

Sementara itu, kendati pihak KPU Kota Bengkulu tidak melarang tamu undangan dari massa pemenangan untuk hadir dalam tahapan, namun pengamanan jalannya tahapan penentuan nomor urut paslon diprediksi akan diperketat oleh pihak kepolisian.

Petugas akan berjaga di sejumlah titik masuk ke lokasi dilengkapi dengan alat detektor logam. Ini dilakukan sebagai upaya antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak di inginkan.

“Kita akan terjunkan 100 personil untuk pengamanan besok,” ujar Kapolres Kota Bengkulu, AKBP Adi Savart melalui Kabag Ops, Kompol Furoukh. [Ifan Salianto]