Seorang Mahasiswi KKN memaparkan soal bahaya narkoba dan dampak tindakan bullying pada pelajar, Rabu (28/2/2018)

BENGKULU, PB – Upaya pencegahan terhadap peredaran Narkoba di Provinsi Bengkulu terhadap pelajar terus dilakukan. Kali ini, giliran Kelompok Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Bengkulu (UNIB) menggandeng Corruption Narcotic Watch (CNW) untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi pada pelajar tentang bahaya narkoba dan dampak bullying dikalangan pelajar.

“Kami membawa dua tema yang menjadi permasalahan utama para remaja di Kota Bengkulu, yaitu bahaya narkoba dan tindakan bullying. Kegiatan ini kami laksanakan dalam rangka melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata(KKN) Tematik One Student Save On Family (OSSOF) Universitas Bengkulu periode 84 tahun 2018,” ujar Fhareza M Gahar selaku ketua kelompok KKN, Rabu (28/2/2018).

Dilanjutkan Fhareza, melalui kegiatan ini diharapkan pelajar dapat menjadi cerdas dalam bergaul sehingga terhindar dari Narkoba dan Bullying yang marak terjadi di kalangan pelajar.
“Kami menilai jika pemahaman kedua masalah ini sangat perlu didapatkan oleh para pelajar sejak dari tingkatan terbawah yaitu Pelajar Sekolah Dasar,” ujarnya dalam acara yang digelar di SD 04 Kota Bengkulu tersebut.

Edukasi pelajar terkait bahaya Narkoba

Dibagian lain, M Aron Ivander Mahardika dari CNW Bengkulu menyatakan dukungan terhadap kegiatan positif yang dilakukan oleh kelompok KKN UNIB tersebut.

“Saya dari CNW sangat mendukung kegiatan ini. Kami berharap semoga dengan kegiatan positif seperti ini dapat memunculkan kesadaran sejak dini bagi anak-anak Bengkulu. Semoga mereka bisa terhindar hal-hal negatif yang sekarang ini marak terjadi di Bengkulu” singkat Aron.

Untuk diketahui, program OSSOF itu sendiri merupakan pelibatan mahasiswa dan akademisi dalam menghadapi fenomena maraknya kekerasan pada anak, tindakan diskriminatif terhadap perempuan, dan tindakan pelecehan dan kejahatan seksual yang cenderung mengalami peningkatan akhir-akhir ini baik skala lokal maupun nasional.

Foto bersama Mahasiswa KKN Unib dan Pelajar SD 04 Kota Bengkulu

Dalam sosiaslisasi ini para pemateri menekankan pentingnya memahami bahaya penyalahgunaan narkoba dan maraknya tindakan bullying dikalangan pelajar sekolah dasar. [Deni Dwi Cahya]