BENGKULU SELATAN, PB – Inspektorat Daerah (Ipda) Bengkulu Selatan (BS) dalam waktu dekat akan segera melakukan pemeriksaan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Ini dilakukan sebagai bentuk pemgawasan terhadap realisasi dana BOS di sekolah-sekolah.

“Kalau jadwalnya belum ada. Tapi kemungkinan Bulan Maret nanti Inspektorat akan turun melakukan pemeriksaan dana BOS,” ujar Sekretaris Inspektorat Daerah Bengkulu Selatan Asih Kadarina didamping Irban III Haryanto kepada Pedoman Bengkulu, Senin (26/2/2018).

Di samping melakukan pemeriksaan dana BOS, Ipda juga telah melakukan pemeriksaan terhadap realisasi Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Bengkulu Selatan.

“Hasil temuan kita kebanyakan hanya temuan dan kesalahan administrasi saja. Seperti SPJ yang kurang lenglap. Kalau untuk temuan fisik sampai saat ini belum ada. Terkhusus di wilayah kerja Irban III,” jelas Haryanto.

Dalam melakukan pemeriksaan di desa selama ini, menurut Haryanto masih banyak desa yang menggunakan pelaporan/SPJ manual. Ke depannya, Haryanto berharap setiap desa bisa menggunakan SPJ tersistem melalui Siskeudes.

“Selama ini kebanyakan baru APBDes saja yang menggunakan Siskeudes. Namun untuk SPJ masih banyak yang manual. Nanti kita harapkan bisa juga SPJ online melalui Siskeudes,” pungkas Haryanto. [Apdian Utama]