kepala inspektorat Rejang Lebong, Zulkarnain

REJANG LEBONG, PB – Meski baru dua pekan menjabat sebagai kepala inspektorat Rejang Lebong yang baru, Zulkarnain mengambil langkah cepat dengan mencanangkan pembentukan Satgas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

Langkah ini, demi menjalankan tugas dan fungsi Inspektorat dalam segi pengawasan terhadap aparatur internal pemerintah daerah mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 39 tahun 2016.

“Dalam waktu dekat, Satgas APIP ini akan kita bentuk, guna membantu melakukan pengawasan terhadap kegiatan-kegiatan yang berlangsung di Kabupaten Rejang Lebong, serta menindak lanjuti terkait temuan-temuan atas kegiatan yang dijalankan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong,” kata Zulkarnain selaku Inspektur Inspektorat, Rabu (14/02/2018).

Zulkarnain juga menambahkan, jika pihaknya akan mengadakan semacam kesepakatan tertulis dengan aparat penegak hukum khususnya Polri dan Kejaksaan Negeri.

Jika nantinya terdapat temuan mengenai kegiatan, maka Satgas APIP yang akan menindak lanjutinya selama 60 hari. Jika tidak terselesaikan selama 60 hari, maka laporan atas temuan tersebut baru dapat ditindak oleh aparat penegak hukum.

“Sebelum sampai di ranah hukum, Satgas APIP dahulu yang bertugas memeriksanya, sementara ini untuk susunan keanggotaan satgas APIP masih belum ditentukan karena masih kita rapatkan,” pungkas Zulkarnain. [Benny Septiadi]