Pejabat Walikota Bengkulu, Budiman Ismaun

BENGKULU, PB – Sebanyak 52 orang pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu yang dilantik dalam mutasi yang digelar 19 Januari lalu terpaksa harus kembali ke jabatan semula.
Ini setelah turunnya surat dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) tertuju kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu agar membatalkan Keputusan Pelantikan mutasi terhadap 52 orang pejabat tersebut.

Surat pembatalan mutasi tertanggal 8 Februari 2018 yang ditandatangani oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo itu baru diterima pejabat Walikota Bengkulu, Budiman Ismaun tanggal 9 Februari 2018.

Dikonfirmasi, Sabtu (10/2/2018), Budiman Ismaun membenarkan turunnya surat perihal pembatalan Mutasi 52 pejabat tersebut.

“Secara otomatis saya selaku pejabat Walikota ya harus taat dengan Surat Mendagri itu. Saya sifatnya hanya menindaklanjuti surat dari Kemendagri saja yang mengatakan dengan tegas untuk membatalkan pelantikan yang dinilai tidak sesuai prosedur tersebut,” ujar Budiman.

Dikatakan Budiman, langkah awal yang akan dilakukan olehnya yaitu sesegera menyampaikan perintah Mendagri itu kepada para pejabat yang terkena Mutasi.

“52 orang pejabat Pemkot yang sudah dilantik lalu dikembalikan lagi ke jabatan semula dan yang digantikan tetap berada di posisi itu. Untuk pelaksanaan acara mutasi ulang kemungkinan besar tidak akan dilaksanakan,” ujar Budiman. [Nadia Tri Hidayati]