BENGKULU SELATAN, PB – Proses pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Bengkulu Selatan dinilai lamban. Hingga minggu terakhir Bulan Februari belum ada satupun desa yang melakukan pencairan DD maupun ADD. Padahal proses pencairan sudah bisa dilakukan, apalagi Perbup terkait pelaksanaan DD dan ADD sudah selesai. Termasuk rerata desa yang sudah merampungkan penyusunan APBDes.

Hal tersebut mengemuka pada acara Diseminasi Dana Desa di Gedung Pemuda, Bengkulu Selatan, Senin (26/2/2018).

“Tadi saya dapat informasi bahwa bisa dicairkan pada Bulan Maret. Ini sudah terlambat. Saya harap ini agar dipercepat,” tegas Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Boediarso Teguh Widodo.

Boediarso sempat menanyakan kepada audiens yang rata-rata dari Kepala Desa dan Perangkat Desa apakah penyusunan APBDes sudah selesai apa belum. Mayoritas hadirin menjawab sudah selesai. Selanjutnya Boediarso kembali bertanya, apakah Perbup tentang pagu dan pengelolaan DD/ADD sudah selesai. Hadirin menjawab sudah selesai.

“Kalau begini tidak perlu tunggu Bulan Maret. Harus segera diselesaikan, tidak usah tunggu lama-lama. Sepulang dari sini sudah bisa langsung diproses,” tegas Boediarso.

Dalam Diseminasi yang bertemakan Padat Karya Tunai, Untuk Masyarakat Desa Yang Lebih Sejahtera itu turut hadir Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud, Wakil Bupati Gusnan Mulyadi, Anggota Komisi XI DPR RI Anarulita Muchtar, FKPD, Camat, Kades dan Perangkat Desa se Bengkulu Selatan. [Apdian Utama]