Rektor UMB Dr H Ahmad Dasan SH MA bersama para pimpinan Universitas Muhammadiyah se Indonesia saat berada di Australia guna melakukan kerjasama dengan empat universitas ternama di negeri kangguru tersebut.

SETELAH menjalin kerjasama dengan 12 universitas ternama di Taiwan pada bulan Desember 2017 yang lalu, Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) Dr H Ahmad Dasan SH MA kembali melakukan perjalanan keluar negeri untuk melakukan serangkaian kerjasama dengan empat universitas ternama di Australia.

Berdasarkan pesan singkat melalui Whatsapp, Rektor UMB menjelaskan bahwa perjalanan menuju Australia dilakukan pada hari Senin tanggal 12 Februari 2018 dan tiba di Australia pada pukul 7.35 waktu setempat bersama dengan 29 pimpinan Universitas Muhammadiyah se Indonesia.

Lebih lanjut Rektor yang dikenal bersahaja ini mengatakan bahwa setelah tiba di Melbourne mereka langsung menuju ke Holmesglen University, universitas berskala internasional terbaik yang di miliki Melbourne, dan banyak mengembangkan program vokasi serta menghasilkan para teknisi vokasi bersertifikasi internasional.

Rektor menjelaskan, tujuan dari perjalanan ini adalah untuk melakukan penawaran kerjasama dalam hal training bahasa Inggris dan magang vokasi untuk mahasiswa S1.

“Kemudian kerjasama dalam hal beasiswa international student schoolarship, student skills intenship, mentor, teach and guide, serta colaboration reseach and jurnal international,” kata Rektor.

Acara penandatanganan MOU akan dilaksanakan pada Selasa (13/2/2018).

Untuk diketahui, dalam waktu dekat Muhammadiyah akan mendirikan Sekolah Pendidikan Islam di Australia yakni pendidikan dasar hingga menengah yang bertujuan untuk mengenalkan Islam yang damai dan berkemajuan di Australia.

“Nantinya diharapkan sekolah ini akan menjadi pilot project untuk memadukan keunggulan sistem pendidikan Islam yang sudah diterapkan Muhammadiyah di ribuan sekolahnya di Indonesia dengan keunggulan sistem pendidikan Australia,” tutup Rektor. [Nurhas Bunaida]