Masjid Jamik Bengkulu

BERDIRI kokoh di jantung kota Bengkulu membuat tempat bersejarah satu ini mudah sekali dijumpai. Masjid Jamik merupakan salah satu masjid yang cukup terkenal di Bengkulu.

Terkenalnya masjid ini bukan hanya karena keunikan bangunannya melainkan sosok dibalik pendiri atau perancang bentuk masjid ini yaitu Presiden Sukarno. Masjid ini berkaitan erat dengan masa-masa pengasingan Bung Karno di Bengkulu.

Masjid Jamik Bengkulu ini pada awalnya memiliki bentuk yang sangat sederhana. Pada saat itu hanya menggunakan bahan atau material dari kayu, beratapkan daun rumbia, dan memiliki lantai yang sangat sederhana pula. Karena itu, jika musim hujan tiba, seringkali daerah sekitar masjid menjadi becek dan kotor.

Bung Karno yang memang dibilang ahli dalam mendesain bangunan akhirnya melakukan renovasi dan perbaikan secara menyeluruh terhadap bangunan yang kini dikenal dengan Masjid Jamik.

Desain yang dibuat oleh Bung Karno memiliki gaya Eropa dengan adanya dua buah bubungan serta teras yang memanjang di bagian depan masjid. Desain yang telah dirancang oleh Bung Karno ini akhirnya diwujudkan menjadi sebuah bangunan masjid dan tentunya pengerjaan ini dibantu oleh warga sekitar dan dikerjakan secara bersama-sama. Dana yang diperoleh pun hasil dari kumpulan iuran warga sekitar.

Masjid ini memiliki tiga buah bangunan yang menyatu. Ketiga bangunan tersebut diantaranya adalah serambi, ruang utama serta tempat untuk berwudhu. Lantai yang digunakan pada ruangan serambi adalah berupa ubin teraso putih dan memiliki bentuk persegi dengan ukuran sekitar 11.46 x 7.58 m. Dibagian ini pula terdapat satu buah bedug dengan diameter sekitar 80 cm. Bagian pintu sendiri berjumlah dua dan menggunakan bahan teralis besi.

Masjid Jamik ini juga memiliki halaman yang terbilang cukup luas. Kini halaman masjid ini telah dilengkapi dengan pagar besi serta pilar yang terbuat dari batu. Di bagian halaman ini juga terdapat pohon serta tanaman yang terlihat begitu indah. Adanya pepohonan ini juga membuat udara di masjid begitu sejuk.

Baca juga: Pesona Sunset di Ujung Pantai Kualo

Hingga saat ini Masjid Jamik ini telah menjadi bangunan bersejarah yang berkategori sebagai benda cagar budaya dan juga telah dilindungi berdasarakan Undang-Undang No 11 Tahun 2010. Dan jadilah seperti yang kita ketahui saat ini bahwa Masjid Jamik menjadi salah satu objek wisata religi dan bersejarah yang cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang berada di Kota Bengkulu.

Tertarik untuk mengunjungi Masjid Jamik Bengkulu?
Letaknya yang strategis berada di Jl. Letjend Suprapto, Tengah Padang, Ratu Samban, Kota Bengkulu. [Eva De]