Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Rejang Lebong, Afnisardi

REJANG LEBONG, PB – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Rejang Lebong mencatat ada 68 tower komunikasi yang tidak memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama 2017 lalu.

Padahal seharusnya kabupaten ini memperoleh PAD retribusi pengendalian menara dan tower sebagaimana diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor 11 tahun 2011 yang mengatur tentang retribusi pengendalian menara dan telekomunikasi.

Dijelaskan dalam pasal 8 ayat 1, diatur mengenai pengusaha telekomunikasi yang memiliki tower di satu wilayah, wajib mengantongi IMB, dengan kewajiban membayar retribusi pengendalian menara sebesar 2% pertahun, dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Kepala Dinas PMPTSP Rejang Lebong Afnisardi mengatakan pihaknya akan segera melakukan pendataan ulang terhadap tower telekomunikasi di Kabupaten Rejang Lebong untuk segera melampirkan berkas perizinan yang dimiliki.

“Kita menyayangkan, keberadaan tower di Rejang Lebong yang tidak membantu dalam menyumbang PAD, padahal itu wajib dibayarkan ke daerah,” tegas Afnisardi, Sabtu (10/03/2018).

Salah satu tower komunikasi yang berada di Rejang Lebong

Kemudian, sambung dia, instansi terkait seharusnya ikut melakukan pendataan dan penagihan pada pengusaha tower telekomunikasi, untuk mengejar target PAD nya.

“OPD terkait seharusnya dapat aktif melakukan penagihan pada perusahaan tower telekomunikasi. Apabila tidak dipenuhi kewajibannya, pihak pengusaha tower dapat dikenakan sanksi administratif, dan denda keterlambatan pembayaran retribusi sebesar 2% setiap bulan dari nilai retribusi yang seharusnya dibayarkan,” tandasnya. [Benny Septiadi]

Berikut tower telekomunikasi di Rejang Lebong :

1. Protelindo 19 tower
2. Telkomsel 10 tower
3. Telkom 1 tower
4. XL Axiata 7 tower
6. Indosat 5 tower
7. Tower Bersama Grup 12 tower
8. PT Corona Telekomunikasi 2 tower
9. PT Solusi Tunas Pratama 3 tower
10. Mitratel 6 tower
11. Retower Asia 3 tower