Foto Istimewa

SELUMA, PB – Alasan masih belum mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) menyebabkan Kabupaten Seluma belum mendapatkan anggaran insentif daerah dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Saat ini, Kabupaten Seluma hanya mendapatkan predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) sesuai hasil penilaian Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Bengkulu.

“Kini belum ada karena seluma masih WDP. Jadi harus ditingkatkan jadi WTP, ” Kata Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu RI, Budiarso Teguh Widodo, saat berkunjung ke Seluma pekan lalu.

Menurutnya, potensi untuk mendapatkan anggaran insentif daerah sangat besar. Namun, masih ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian agar predikat WTP dapat diraih.

“Potensinya besar, dikesejahteraan sudah memenuhi, infrastuktur sudah, pendidikan dan kesehatan juga sudah. Jadi bisa WTP baru bisa dapat dana itu ya,” jelasnya.

Salah satu penyebab kabupaten Seluma belum mendapatkan predikat WTP karena sebagian aset bergerak dan tidak bergerak milik Pemkab Seluma masih belum terdata dengan jelas. [Sepriandi]