sosialisasi perehaban irigasi air nipis kanan di Kantor Camat Seginim. Rabu (14/3/2018)

BENGKULU SELATAN, PB – Pemerintah akan segera melakukan perehaban Irigasi Air Nipis kanan. Selama masa perehaban, saluran irigasi akan dikeringkan. Direncanakan pengeringan akan dimulai pada 31 Maret 2018 mendatang.

Hal tersebut terungkap pada acara sosialisasi perehaban irigasi air nipis kanan di Kantor Camat Seginim. Rabu (14/3/2018).

“Diharapkan seluruh Kepala Desa dan Kelompok Tani menyebarkan berita pengeringan ini agar masyarakat tahu terutama pemilik kolam air deras segera melakukan pemananen dan tidak melakukan penebaran bibit selama masa pengeringan,” Imbau Wakil Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi.

Selama masa perehaban irigasi Gusnan berharap agar pemilik kolam air deras dapat memperbaiki konstruksi kolam sesuai dengan persyaratan teknis yang telah ditentukan.

Wabup menegaskan, jika konstruksi kolam air deras tidak sesuai dengan petunjuk teknis dan aturan yang ada maka akan ditutup dan tidak diperkenankan mengambil sumber air kolam dari saluran irigasi.

“Para pemilik kolam hendaknya segera berkonsultasi dengan pihak Balai Wilayah Sungai Sumatera 7 atau pihak pengairan Dinas PUPR Bengkulu Selatan agar sesuai dengan standar teknis,” jelas Gusnan.

Untuk petani sawah, Gusnan menyarankan selama masa pengeringan dapat menanam kedelai atau padi gogo. Dirinya berharap petani bisa menanam kedelai, tujuannya untuk menyukseskan program Padi, Jagung dan Kedelai (Pajale).

“Khusus untuk hasil panen kedelai dan jagung nanti di wilayah Bengkulu Selatan, Insya Allah tahun ini kita akan menandatangani MoU dengan pihak pabrikan,” ujar Gusnan. [Apdian Utama]