TAK sedikit orang yang gampang sekali menaruh curiga dan berprasangka buruk, kebiasaan menduga-duga dan penuh curiga akhirnya berujung pada pikiran negatif tentang orang lain. Hal itu hanya menyebabkan diri menjadi tak nyaman.

Mulai sekarang cobalah untuk menanamkan pikiran yang positif, sebab dengan berpikir positif tidak hanya membuat hati dan pikiran lega, namun juga bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah manfaat berpikir positif bagi kesehatan.

1. Jarang sakit

Menurut penelitian di University of Kentucky, manusia yang optimis dan berpikir positif dalam menjalani hari-harinya memiliki sistem imun yang lebih kuat. Hal inilah yang menyebabkan dengan berpikiran positif tidak mudah terserang penyakit dan selalu sehat. Saat merasa bahagia dan optimis, hormon oksitosin akan bekerja ke seluruh tubuh membuat lebih bersemangat.

2. Peluang terkena stroke kecil

Hidup dengan bahagia dan optimis memperlambat munculnya plak pada arteri. Sementara plak ini merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit stroke. Seperti hasil penelitian terbaru dari University of Michigan yang menemukan bahwa dengan sifat positive thinking dalam hidup akan memiliki risiko stroke yang lebih rendah.

3. Mengambil keputusan dengan baik

Memiliki pikiran yang negatif hanya akan membuat diri cenderung terburu-buru dalam mengambil keputusan. Jika memiliki sifat positive thinking dan optimis, akan lebih terbuka dan fleksibel dalam menghadapi masalah. Sehingga dapat berpikir lebih matang dalam mengambil sebuah keputusan.

Selain hal di atas, kesuksesan juga dapat dicapai dengan pemikiran yang positif. Seseorang yang menghadapi hidup dengan sikap positif dapat menjadi lebih sukses dalam kehidupan baik secara profesional maupun pribadi. Jadi, jangan ragu untuk menanamkan pikiran positif dalam diri. [Eva De]