Mutasi pejabat di Pemkab Seluma beberapa waktu lalu

SELUMA, PB – Terkait adanya surat dari Komisi Aparatus Sipil Negara (KASN) dengan Nomor R- 6 362/KSN/2/2018 terkait rekomendasi atas pelanggaran sistem penetapan Aparatur Sipil Negera (ASN) di Lingkungan Pemda Seluma pada mutasi tahun 2017 lalu.

Menyikapi hal itu, Pemda Seluma kembali akan menyurati KASN terkait surat tersebut.

“Surat sanggahan sudah saya paraf, tinggal menunggu tandatangan Bupati untuk kembali di sampaikan ke KASN,” kata Kepala Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Pemda Seluma Irihadi, Senin (05/03/2018).
Sekda menerangkan, sejumlah kekurangan seperti dalam surat yang disampaikan oleh KASN sejauh ini sudah di sanggah dalam bentuk berita acara. Namun, tidak ada pembatalan mutasi yang sudah dilakukan.

“Kita tidak bisa membatalkan SK itu begitu saja. KASN juga harus bisa menerangkan kesalahan Pemda Seluma dalam mutasi itu apa,” tegas Irihadi.

Diketahui, sesuai surat KASN Nomor R- 6 362/KSN/2/2018. Dari hasil penyelidikan, KASN menemukan adanya pelanggaran merit sistem dalam pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian ASN dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dan Jabatan Administrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma berdasarkan Keputusan Bupati Seluma Nomor 820-676 Tahun 2016 tanggal 8 September 2016 dan Nomor 820-02 Tahun 2017 tanggal 5 Januari 2017.

Sekda memastikan, Pemda Seluma tetap akan melakukan penataan dan pemetaan kembali terhadap ASN yang diberhentikan dari jabatan administrasi dan diprioritaskan untuk menempati jabatan administrasi. Termasuk akan menunggu rekomendasi terkait seleksi JPT yang akan dilakukan. [Sepriandi]