Anggota Komite III DPD RI Riri Damayanti John Latief

JAKARTA, PB – Komite III DPD RI akan melaksanakan rapat kerja bersama Menteri Kesehatan guna membahas program kerja tahun ini. Dengan pembahasan ini diharapkan program kerja bidang kesehatan Kementerian Kesehatan RI dapat berpihak kepada daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Senator termuda Indonesia, Riri Damayanti John Latief, mengungkapkan, salah satu program yang harus diutamakan oleh Kementerian Kesehatan RI adalah bagaimana menyediakan tenaga medis dokter spesialis.

“Karena masalah ini masih menjadi masalah serius yang harus segera dipecahkan di Provinsi Bengkulu. Di RSUD M Yunus saja yang statusnya sebagai rumah sakit yang menjadi rujukan tertinggi di Bengkulu, tahun 2017 lalu hanya memiliki 36 dokter spesialis, padahal idealnya RS ini memiliki 70 tenaga spesialis,” kata Riri kepada jurnalis, Jumat (23/3/2018).

Alumni SMA Negeri 6 Kota Bengkulu ini menjelaskan, di seluruh Provinsi Bengkulu masih terdapat 33 puskesmas di daerah yang belum memiliki tenaga dokter umum. Di Bengkulu Selatan, ungkap Riri, banyak pasien yang mengidap penyakit tertentu kesusahan untuk mendapatkan penanganan dari dokter spesialis.

“Sehingga warga kita di Bengkulu Selatan terpaksa harus mencari rumah sakit di luar daerah. Saudara-saudara kita disana hanya memiliki 14 dokter umum dan 5 dokter gigi untuk melayani kesehatan bagi 164 ribu penduduknya,” ungkap Riri.

Wakil Bendahara III Ikatan Keluarga Seluma, Manna, Kaur ini memaparkan, ketika mengunjungi Bengkulu pada bulan Mei 2017 yang lalu, Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F. Moeloek telah berjanji membantu tambahan dokter spesialis untuk Bengkulu, terutama di bidang spesialis tertentu seperti spesialis bedah thoraks.

“Harapan saya, tahun ini janji itu dapat terealisasi. Memang ini bukan domainnya Menteri Kesehatan melainkan Kemenpan RB (Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi). Sudah ada sinyal positif tahun ini akan terealisasi. Saya tekankan jangan sampai lagi ada penunandaan,” tutup Riri. [Gayatri Sukarti]