Sosialisasi peningkatan pemahaman masyarakat arti penting pendaftaran jaminan Fidusia di Kaur, Rabu (7/3/2018).

KAUR, PB – Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Provinsi Bengkulu kembali melakukan sosialisasi terhadap masyarakat.

Kali ini Kanwil bekerjasama dengan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Kaur, Rabu (7/3/2018).

Mengusung tema “Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Arti Penting Pendaftaran Jaminan Fidusia untuk Memperoleh Kepastian Hukum”, kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh Ketua Bagian Hukum Dasrun Imron SH MH.

Sedangkan pesertanya adalah para camat se-Kabupaten Kaur, Kepala UPTD, seluruh Kepala Desa, Lembaga Perbankan dan Non Perbankan, Lesing dan para Notaris.

Sebagai narasumber dalam kegiatan ini 3 orang pemateri yaitu Fajri Alamsah SH MH, Nely Sinarti SH MH dan Desy Minarsi SH MKN serta Radi Mediansyah sebagai Moderator.

Fajri Alamsyah dalam penyampaian materinya mengatakan, salah satu tujuan dari sosialisai ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya mendaftarkan jaminan fidusia untuk memperoleh kepastian hukum.

Para peserta tampak antusias mengikuti sosialisasi ini

Menurutnya, jaminan Fidusia berguna untuk mendapatkan perlindungan hukum bagi debitur terhadap objek Fidusia yang dijaminkan.

“Hal ini dapat berupa barang bergerak maupun tidak bergerak yang berwujud maupun tidak berwujud dan perjanjian yang sudah ada maupun yang akan datang,” kata Fajri. [Humas Kanwil Kemenkumham/Deni Dwi Cahya]