Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Selatan, Arsan S Ibrahim

BENGKULU SELATAN, PB – Minat masyarakat Kabupaten Bengkulu Selatan untuk menunaikan ibadah haji sangat tinggi. Jika anda daftar hari ini, maka diproyeksikan baru bisa berangkat Haji pada tahun 2033 yang akan datang.

“Ya antrean hingga 15 tahun ke depan sudah penuh hingga tahun 2033. Artinya kalau daftar sekarang, baru bisa berangkat, diperkirakan pada tahun 2034 nanti. Cukup lama. Padahal jika mengacu pada kuota tahun lalu, kuota haji Kabupaten Bengkulu Selatan hanya 129 orang,” jelas Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkulu Selatan, Arsan S Ibrahim, Jumat (2/3/2018).

Di sisi lain, menurut Arsan, untuk meningkatkan pelayanan terhadap calon jemaah haji, Kemenag Bengkulu Selatan berencana akan membangun Gedung Pelayanan Haji Satu Atap.

Dengan adanya Gedung Pelayanan Haji Satu Atatp nanti diharapkan dapat memberikan pelayanan haji yang prima.

“Selama ini kan untuk daftar haji itu bisa memakan waktu sampai tiga hari. Karena harus ke Bank, ke dinas kesehatan, dan berfoto. Itu memakan waktu. Nah kalau nanti sudah pelayanan satu atap ditargetkan, pendaftaran haji itu hanya memakan waktu dua jam,” tegas Arsan.

Jika pelayanan satu atap nanti terwujud, maka calon jemaah haji tidak perlu repot. Karena seluruh unsure petugas sudah standby di pelayan satu atap. Mulai dari petugas dari Dinas Kesehatan, Bank bahkan untuk berfotopun sudah tersedia di sana.

“Target kami 2019 bisa dibangun. Untuk renacan lokasinya di samping Kemenag inilah. Lahan eks Koperasi milik Pemda Bengkulu Selatan. Kita sudah rapatkan, Pemda siap menghibahkannya. Selanjutnya akan diproses penghibahannya ke Kemenag,” urai Arsan. [Apdian Utama]