Suasana pelelangan secara online oleh BPKAD bekerjasama  dengan KPKLN, Senin (5/3/2018)

BENGKULU UTARA, PB – Sesuai jadwal, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU) melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Provinsi Bengkulu, Senin (5/3) resmi memulai pelelangan Kendaraan Bermotor Dinas (Tornas). Lelang 46 unit Tornas yang digelar di halaman parkir kantor DPKAD BU tersebut ditafsir akan mampu memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada Pemkab BU senilai 800 juta.

Pantauan Pedoman Bengkulu, proses pelelangan secara online atau e-Auction berlangsung secara kondusif dipimpin langsung oleh pejabat KPKNL Propinsi Bengkulu, Devi Afriyanti dan didampingi oleh Kepala BPKAD BU H Kisro Zanito serta diawasi juga oleh pihak Polres Bengkulu Utara.

“Lelang ini menggunakan Internet melalui aplikasi E-Action. Ternyata pesertanya melebihi target dari jumlah kendaraan yang di lelangkan. Peserta lelang yang ada dengan kendaraan yang di lelangkan mencapai dua kali lipat,” terang Kisro.

Dilanjutkan Kisro, dengan terjualnya semua kendaraan yang sudah di lelang ini bisa menambah pendapat asli daerah (PAD), peserta lelang juga bisa langsung melihat kendaraan yang diminatinya, tidak hanya peserta melihat dari tayangan foto semata. ”Jika kendaraan yang di lelangkan tersebut terjual semua, setidaknya Pendapatan Asli Daerah yang bisa di dapatkan berkisar 800 juta,” ujar Kisro.

Ditambahkan Kisro, bagi peserta lelang yang sudah menyetorkan uang jaminan kemudian melakukan penawaran lelang, maka di tunggu selama 5 (lima) hari kerja kedepan untuk menyelesaikan administrasinya. “Namun, apabila selama lima hari kerja bagi pemenang lelang tidak menyelesaikan administrasi yang diminta maka akan dianggap batal,” ujar Kisro.

Untuk diketahui, dari dua unit Tornas Fortuner eks Bupati BU dan Ketua DPRD BU, berhasil diboyong oleh Sonny Waladi Putra dan Tria Nova dengan angka lelang tembus mencapai Rp. 119 juta tornas eks Bupati dan Rp 112 juta tornas eks Ketua DPRD BU. Sementara itu, terdapat 7 Tornas yang tidak sama sekali ditawar oleh peserta. Diantaranya, tornas Ford Escape XLT BD 7, Ford Escape XLT BD 8, Mitsubishi L 300 BD 7001, Toyota kijang SX BD 54, Mitsubishi T120 SS BD 69, Mitsubishi L 300 BD 7005, Mitsubishi L 300 BD 1147. [Adv/Evi Kusnandar]