BENGKULU, PB – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Bengkulu, Universitas Terbuka melepaskan 500 lulusan sarjananya di Hotel Raffles City, Selasa (27/3/2018).

Pada kelulusan kali ini, sarjana yang diluluskan berasal dari 10 daerah kabupaten dan kota di Bengkulu. Dalam kegiatan ini Universitas Terbuka (UT) juga melakukan penandatanganan kerjasama dalam bentuk MoU dengan Pemerintah Daerah dan perguruan tinggi lokal di Provinsi Bengkulu.

Rektor Universitas Terbuka, Prof Ojat Darojat, dalam sambutannya menyampaikan bahwa UT dipercaya oleh kementerian sebagai penyelenggara pembelajaran jarak jauh.

“Sekarang UT mengemban tugas berat KEMENRISTEK DIKTI. Sebagai satu-satunya universitas yang menyelenggarakan dan mengembangkan metode belajar jarak jauh. UT telah sukses memulai program tersebut. Kedepan, UT harus membagikan pengalamannya kepada universitas lain, sehingga bisa bersama-sama mendukung dan menyelenggarakan model pembelajaran yang mudah ini,” kata Ojat.

“Kali ini UT juga selalu sistem fulling online, salah satunya adalah registrasi secara online, ujian berbasis web dan ujian online proktoring, sehingga mempermudah mahasiswa dalam menempuh pendidikan, merekapun bisa ujian di rumahnya masing-masing,” imbuhnya.

UT sebagai cyber university menyelenggarakan sistem belajar jarak jauh dengan beberapa misi utama, salah satunya adalah UT diharapkan dapat memberikan akses pendidikan kepada seluruh lapisan masyarakat dan hal ini UT bekerjasama dengan para mitranya.

“Dengan berlangsungnya sesi penandatanganan MoU yang dilakukan UT dengan pemerintah daerah dan juga mitra-mitra lainnya, kami berharap UT dengan pihak Pemda dapat meningkatkan kapasistas kerjasamanya sebagai upaya mempercepat pembangunan Bengkulu, dan mewujudkan cita-cita masyarakat Bengkulu untuk menikmati pendidikan setinggi-tingginya,” ungkap Ojat.

Dengan biaya yang terjangkau, diharapkan masyarakat Bengkulu dapat memanfaatkan UT sebagai sarana pendidikan tinggi yang fleksibel, mudah dan terjangkau.

“Tidak ada perguruan tinggi yang lebih murah dibanding UT. Walaupun seperti itu, UT tidak termasuk pendidikan yang murahan,” tutupnya.

Acara ini dihadiri oleh Plt Gubernur yang diwakili oleh Asisten III Gotri Suyatno, Rektor Universitas Bengkulu, Kapolda Bengkulu, Bupati Bengkulu Tengah, Bupati Bengkulu Selatan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, Danlanal Bengkulu, Danrem Bengkulu, serta pimpinan lembaga perbankan di wilayah Bengkulu. [Deni Dwi Cahya]