Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2019, Selasa (20/3/2018)

BENGKULU SELATAN, PB – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun 2019, Selasa (20/3/2018) berjalan sukses. Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud menyampaikan Sembilan (9) usulan prioritas. Kesembilan usulan tersebut yakni:

1. Pembangunan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Pasar Pino.
2. Pembangunan Lapangan Udara Perintis di Lapter Padang Panjang.
3. Pembangunan SMK Penerbangan dan SMK Perikanan di Kabupaten Bengkulu Selatan.
4. Pembangunan Jembatan Muara Danau.
5. Pembangunan Jembatan untuk mendukung pariwisata di Pasar Bawah yaitu jembatan yang menghubungkan PPI Pasar Bawah dengan areal persawahan di Desa Ketaping.
6. Pembangunan Tebat Gelumpai, Pembangunan Tebat Besar di Ulu Manna dan Danau di Kecamatan Air Nipis.
7. Jalan Kawasan Agribisnis yang menghubungkan Kecamatan Bungamas, Kecamatan Kedurang, Kecamatan Seginim, Kecamatan Kedurang Ilir dan Kecamatan Air Nipis.
8. Pelebaran Jalan Provinsi link Kayu Kunyit-Seginim-Air Nipis. Saat ini lalu lintas sudah ramai dan kondisi jalan banyak hyang rusak.
9. Pembangunan penambahan lantai tiga dan empat perpustakaan daerah Kabupaten Bengkulu Selatan yang sebelumnya sudah disepakati bersama antara Gubernur Bengkulu dan Bupati Bengkulu Selatan.

Foto bersama usai Musrenbang

“Pembangunan PPI menjadi kewenangan provinsi. Kami sudah mempersiapkan kelengkapan pembangunan yaitu Feasibility Study (FS), Masterplan dan Detail Engineering Design (DED). Amdal saat ini sedangkan kami siapkan. Terhadap usulan review untuk masuk ke dalam masterplan/rencana induk PPI Nasional sudah kami usulkan melalui surat ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI,” tegas Bupati Bengkulu Selatan Dirwan Mahmud.

Hadir pada Musrenbang yang digelar di Gedung Pemuda tersebut mewakili Plt Gubernur Bengkulu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Bengkulu Ali Sadikin, Ketua DPRD Bengkulu Selatan Yevri Sudianto, Kepala Bappeda dan Litbang BS, Serta pejabat di lingkungan OPD Bengkulu Selatan. Berikut liputan kegiatannya. [Apdian Utama/Pariwara]