Sungai Ketahun (Foto: Dian)

SIAPA tak kenal Green Canyon, objek wisata dengan nama Green Canyon dipopulerkan oleh seorang Perancis pada tahun 1993. Nama Green Canyon ini juga merupakan pelesetan dari nama Grand Canyon yang ada di Colorado, Amerika Serikat. Nah, jika traveling ke Bengkulu maka pengunjug dapat menikmati pemandangan Green Canyon di Sungai Ketahun, Desa Talang Ratu, Kabupaten Lebong.

Pemandangan di sekitar Sungai Ketahun menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang. Disini pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan hijau teduhnya warna air sungai.

Mengarungi Sungai Ketahun akan melintasi mulai dari Desa Talang Baru II, Kecamatan Topos dan berakhir di Desa Talang Ratu, Kecamatan Rimbo Pengadang. Sepanjang rute yang dilalui, suguhan utamanya adalah keindahan panorama alam.

Ada dua spot yang berkesan yaitu: Nangai Silai atau yang kini disebut green canyon-nya Lebong dan lintasan gua. Lintasan gua ini sebenarnya lintasan dengan pemandangan dimana pohon-pohon di puncak dinding tebing saling bertemu sehingga menutup langit. Kedua spot itu menjadi lokasi dimana pengarung menyempatkan diri foto bersama atau selfie.

Tak hanya Green Canyon, rupanya Sungai Ketahun sangat terkenal dengan potensi arung jeram atau rafting. Bagi traveler yang suka petualangan seru wajib mencoba arung jeram di sungai Ketahun ini.

Arung jeram merupakan kegiatan olahraga air termasuk kategori olahraga ekstrim. Meskipun arung jeram masuk kategori olahraga ekstrim namum bisa dimainkan semua orang termasuk orang yang belum pernah memiliki pengalaman bermain arung jeram sekalipun.

Nah, jika pengunjung ingin mencoba arung jeram di Sungai Ketahun, jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan. Hendaknya pengunjung memakai jaket pelampung, menggunakan perangkat pelindung, memakai pakaian yang nyaman, mengikuti proses briefing, selalu mengikuti instruksi pemimpin, jangan mudah panik dan yang terpenting menguasai teknik berenang.

Jika sudah siap dimanjakan oleh pemandangan Green Canyon dan siap mencoba arung jeram, maka para traveler juga harus menyiapkan diri untuk mengunjungi Sungai Ketahun. Atur waktunya dan persiapkan kesehatan fisik. [Eva De]