Gunung Gedang Seblat

MENDAKI gunung sejatinya adalah kegiatan yang amat menyenangkan. Semua keindahan alam pegunungan yang disuguhkan oleh Tuhan yang Maha Esa, bisa kita nikmati melalui kegiatan ini. Sehingga menjadi salah satu alternatif untuk berinteraksi dengan alam agar bisa lebih dekat dengan Sang Pencipta.

Maka tak heran bila para pendaki gunung juga kerap disebut sebagai pecinta alam, lantaran mereka sering berinteraksi dengan salah satu tanda kebesaran Tuhan. Selain itu, ada banyak manfaat mendaki gunung yang perlu diketahui agar tidak memandang sebelah mata kegiatan yang menarik ini.

Terutama manfaat yang berkaitan dengan kesehatan tubuh yang salah satunya adalah dapat meningkatkan kapasitas kerja jantung dan paru-paru. Kegiatan mendaki gunung tentu memerlukan stamina yang besar dan energi yang tidak sedikit. Seorang pendaki dituntut untuk terus bergerak ke atas melawan gravitasi bumi. Ini menyebabkan aktivitas jantung dan paru-paru meningkat lebih dari biasanya. Pada kondisi inilah suplai oksigen dan peredaran darah menjadi lebih optimal. Yang pada akhirnya dapat memperkecil resiko serangan jantung dan stroke.

Nah, bagi para pecinta alam atau traveler pastinya tak akan melewatkan kesempatan untuk mendaki gunung. Destinasi pendakian tersebar di seluruh Indonesia, dan khusus traveler di Bengkulu atau traveler yang akan berkunjung ke Bengkulu berikut daftar gunung yang dapat memacu adrenalin saat mendaki.

1. Gunung Kaba
Gunung ini sering juga disebut Bukit Kaba, gunung yang terletak di Kabupaten Rejang Kebong, Provinsi Bengkulu ini masih aktif. Hal yang istimewa dari gunung ini selain cerita rakyat yang disampaikan turun-temurun, tentu saja pemandangan indah dari ketinggian 1938 meter di atas permukaan laut. Mendaki Bukit Kaba tak akan sulit sebab sudah dibangun jalan berupa tangga semen. Namun untuk mencapai puncaknya, tetap harus ditempuh dengan perjuangan.

2. Gunung Patah
Gunung Patah diketahui memiliki tiga puncak utama, yakni Puncak Danau 2.550 Mdpl, puncak kawah 2.650 Mdpl. Gunung Patah berada di kawasan hutan lindung Raja Bendare, dengan wilayah titik terdekat dari Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu, dan Desa Manau 9, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, atau sekira 6 hingga 7 jam dari Kota Bengkulu.

3. Gunung Hitam
Gunung Hitam terletak di perbatasan tiga kabupaten, Seluma, Bengkulu Selatan, serta Lahat. Perjalanan yang ditempuh dari Pagaralam untuk mencapai Gunung Hitam sekitar 30 kilometer. Istimewanya gunung ini, dari ketinggian bisa dinikmati keindahan air berwarna tosca dalam kubangan batu putih bersemu hijau kekuningan. Pendaki juga bisa berendam air belerang yang berkhasiat untuk kesehatan kulit.

4. Gunung Dingin
Gunung Dingin merupakan gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan. Gunung ini berjarak sekitar 20 kilometer di sebelah barat Kota Pagaralam. Gunung Dingin memiliki ketinggian 1279 meter di atas permukaan laut. Kabarnya gunung ini bisa didaki jika memang mendapat izin dari pemerintah setempat.

5. Gunung Gedang Seblat
Lebih tinggi dari Gunung Dingin, puncak Gunung Gedang Seblat ini berada pada ketinggian 2050 meter di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di perbatasan antara Provinsi Bengkulu dan Provinsi Jambi. Kabarnya masih belum ada fasilitas resmi di sekitarnya, namun pendaki masih bisa menyewa sarana transportasi dan tempat penginapan dari penduduk setempat.

6. Gunung Pandan Bungsu
Terletak di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Gunung Pandan Bungsu berada di perbatasan Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Jarak yang harus ditempuh dari kota Mukomuko, sebelah timur tenggara, sekitar 70 km diukur dari udara. Sama seperti Gunung Gedang Seblat, pengunjung harus mempersiapkan perbekalan dan peralatan lengkap selama masa pendakian, karena kabarnya masih belum ada fasilitas di sekitarnya.

Nah, itulah daftar Gunung di Bengkulu yang dapat memacu adrenalin saat mendakinya. Pernah mendaki salah satu Gunung tersebut? Jika belum, maka patut direncanakan dan dicoba. Namun, pendaki hendaknya selalu ingat untuk menyiapkan segala sesuatu dengan lengkap. Termasuk menyiapkan kondisi fisik, jika selama ini jarang atau bahkan tidak pernah olahraga, maka sebelum merencanakan pendakian sangat disarankan untuk olahraga rutin. Hal itu dilakukan agar ketika mendaki tidak terjadi hal buruk seperti kaki kram, sesak napas, pingsan dan lain sebagainya. [Eva De/dari berbagai sumber]