MENDAKI gunung adalah aktivitas yang menyenangkan, pasalnya setiap inci keindahan yang disajikan alam dapat dinikmati dari puncak. Keindahan alam yang diciptakankan Tuhan, benar-benar dapat dinikmati oleh setiap pendaki.

Diantara beberapa gunung di Bengkulu, ada Gunung Kaba yang menjadi destinasi favorit bagi para pendaki. Gunung ini sering juga disebut Bukit Kaba, gunung yang terletak di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu ini masih aktif.

Hal yang istimewa dari Bukit Kaba ini selain cerita rakyat yang disampaikan turun-temurun, tentu saja pemandangan indah dari ketinggian 1938 meter di atas permukaan laut. Mendaki Bukit Kaba tak akan sulit sebab sudah dibangun jalan berupa tangga semen. Namun untuk mencapai puncaknya, tetap harus ditempuh dengan perjuangan.

Dilansir dari tempat.me, Untuk menuju ke puncak Bukit Kaba terdapat dua akses masuk, yaitu melalui akses jalan setapak yang hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki. Jalur ini dapat dipilih bagi para pengunjung yang ingin mendapati suasana alam dengan kegiatan hiking.

Jalur kedua adalah melalui jalan yang sudah beraspal atau yang buat untuk para pengunung yang ingin menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat. Jalur ini ditujukan bagi para pengunjung yang tidak memiliki stamina yang cukup untuk melakukan hiking dengan berjalan kaki.

Ketika memulai pendakian para pendaki akan dimanjakan dengan panorama indah yaitu pemandangan hijau dari kebun-kebun sayur milik warga sekitar. Ditambah lagi ketika mulai memasuki kawasan hutan, para pendaki akan merasakan kesejukan udara serta kicauan burung-burung yang bernyanyi merdu.

Di Bukit Kaba, terdapat dua jalur untuk menikmati kawah. Pertama yaitu jalur kanan, di jalur ini para pendaki akan melewati sekitar seribu tangga untuk menuju ke puncak. Dan di puncak inilah para pendaki dapat menikmati keindahan kawah dari atas bukit.

Sedangkan jalur kiri ini akan membawa pendaki turun untuk mendekati kawah, dan di lokasi ini juga terdapat kawah hidup dan kawah mati. Perlu diperhatikan bagi lagi para pendaki yang mengambil rute ke kiri ini untuk menggunakan masker karena bau belerang yang dihasilkan akan begitu menyengat.

Jika berniat untuk merencanakan pendakian ke Bukit Kaba, perlu diketahui bahwa Bukit Kaba berada di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, sekitar 90 kilometer dari Barat Kota Bengkulu. Dan bagi para pendaki yang ingin mendatangi lokasi ini bisa ditempuh dari kota Bengkulu ataupun Kota Palembang yaitu melalui Kabupaten Lahat. Akses untuk menuju ke tempat ini juga terbilang cukup mudah.

Pihak pengelola Bukit Kaba atau dikenal dengan sebutan POKDARWIS menyediakan fasilitas seperti transportasi, tempat penginapan, fasilitas makanan atau katering bagi para pendaki yang memilih untuk berkemah di lokasi, guide dan masih banyak lagi.

Mendaki Bukit Kaba tak akan mengecewakan sebab pemandangan yang dapat dilihat dari puncak sangatlah indah. Jangan lupa untuk membawa kamera agar dapat mengabadikan moment seru berada disini. Namun, tetaplah berhati-hati saat mendaki. Selalu utamakan keselamatan dan sangat disarankan menjaga kesehatan sebelum pendakian dan saat mendaki. [Eva De]