Plt Gubernur Rohidin Mersyah saat memberikan sambutan dalam acara Penyampaian SPT Tahunan PPh Secara Elektronik di ruang Pola Kantor Gubernur Bengkulu, Selasa (12/3) sekitar pukul 10.00 WIB.

BENGKULU, PB – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menghimbau agar seluruh warga Provinsi Bengkulu menjadi warga taat pajak dan dapat aktif menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak.

Dalam hal ini, mantan Wakil Bupati Bengkulu Selatan itu secara khusus menghimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di seluruh Provinsi Bengkulu untuk menjadi teladan.

Apalagi, kata Rohidin, saat ini pelaporan tersebut bisa dilakukan secara online, sehingga tidak ada lagi alasan kendala keterbatasan waktu dan tempat dalam menyampaikan SPT tahunan tersebut.

“Saya himbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada agar menularkan informasi ini kepada ASN secara aktif dan terus menerus di setiap kesempatan. Sehingga, materi sosialisasi soal penyampaian SPT tahunan secara elektronik ini benar-benar dimengerti dan dilaksanakan oleh ASN,” tegas Rohidin saat memberikan sambutan dalam acara Penyampaian SPT Tahunan PPh Secara Elektronik oleh Plt Gubernur Bengkulu dan Forkopimda Provinsi Bengkulu di ruang Pola Kantor Gubernur Bengkulu, Selasa (12/3) sekitar pukul 10.00 WIB.

Tampak Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung mencermati tata cara pengisian blanko dan penyampaian E-Filing SPT tahunan pajak pribadi

Disisi lain, Rohidin juga menyarankan kepada pihak Direktorat Pajak agar turut aktif melakukan jemput bola SPT tahunan Warga di tingkat menengah kebawah. Sehingga, presentase realisasi pajak tahunan bisa tercapai maksimal. Sebab, tidak bisa di pungkiri jika saat ini dana APBN bersumber dari realisasi pajak seluruh warga Indonesia.

“Banyak cara yang bisa dilakukan rekan-rekan yang ada di Kantor Perwakilan Pajak (KPP) untuk jemput bola SPT pajak ini. Seperti mendatangi lokasi kalangan, bekerja sama dengan Asosiasi maupun Perguruan Tinggi. Saya yakin, dengan begitu realisasi pencapaian pajak akan maksimal,” tegas Rohidin.

Forkopimda Provinsi Bengkulu tampak antusias mengikuti kegiatan ini

Dibagian lain, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Pajak Lampung dan Bengkulu, Erna Sulistiawati menyampaikan, melalui sistem elektronik, masyarakat bisa menyampaikan SPT Tahunan dimana saja, kapan saja dalam kurun waktu 1 x 24 jam.

“Jadi tidak ada lagi kendala bagi masyarakat untuk menyampaikan SPT pajaknya. Menggunakan sistem elektronik ini, masyarakat hanya perlu memanfaatkan sedikit waktu luang untuk mengikuti panduan pengisian blanko secara elektronik tersebut,” jelas Erna.

Pantauan Pedoman Bengkulu, dalam acara yang juga dihadiri oleh Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung, Wakil Ketua II DPRD Provinsi Edison Simbolon serta unsur Forkopimda Provinsi Bengkulu ini, dilaksanakan acara seremonial pengisian blanko dan penyampaian E-Filing SPT tahunan pajak pribadi Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dan Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Coki Manurung.

Kegiatan ini diakhiri dengan testimoni himbauan kedua petinggi Provinsi Bengkulu ini serta penyerahan Plakat Dari Kepala Kanwil Direktorat Pajak Bengkulu Lampung kepada Plt Gubernur Bengkulu. [Ifan Salianto/Adv/Humas Pemprov]