Ari (24) menjalani pemeriksaan di Polres Rejang Lebong

REJANG LEBONG, PB – Warga Rejang Lebong mendadak ramai mengomentari salah satu postingan dimedia sosial facebook. Postingan yang mengandung ujaran kebencian tersebut dimuat oleh salah satu akun facebook bernama Jusari dalam grup Komunitas Tun Jang Be-1.

Berawal dari postingan tersebut, ratusan netizen langsung mencecar pemilik akun dengan beragam ungkapan kasar, dan tak sedikit pula mengecam postingan tersebut yang mengandung unsur penghinaan, kebencian, dan berbau SARA.

Belakang diketahui, pemilik akun facebook Jusari memiliki nama asli Ari (24), yang merupakan warga Kelurahan Dusun Curup Kecamatan Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong. Pria ini berhasil diamankan pada Sabtu (24/03/2018) siang dikediamannya.

“Untuk saat ini pelaku sudah kita amankan di Mapolres Rejang Lebong guna dimintai keterangan, terkait postingannya dimedia sosial yang memuat tentang penghinaan yang berbau SARA dan kesukuan,” jelas Kasat Reskrim Akp Chusnul Qomar, Sabtu (24/03/2018).

Selain dimintai keterangan, yang bersangkutan mengaku jika akun facebook tersebut telah dibajak oleh seseorang. Meski demikian, yang bersangkutan diminta untuk mengklarifikasi serta menyampaikan permohonan maafnya ke publik, atas postingannya tersebut.

“Yang bersangkutan juga telah menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas postingannya dimedia sosial tersebut,” tegas Chusnul.

Postingan yang dinilai menghina suku Rejang

Chusnul juga menghimbau kepada masyarakat untuk cerdas dalam bersosial media, dan pandailah dalam memilah ungkapan maupun postingan yang dimuat di akun sosial media.

“Kepada masyarakat, cerdaslah dalam bersosial media dan jangan memposting sesuatu ungkapan yang mengandung ujaran kebencian, penghinaan, maupun ungkapan yang berbau SARA, karena itu dapat dipidana,” pungkasnya. [Benny Septiadi]