Satpol PP menertibkan PKL yang berjualan di sepanjang jalan Kedondong Pasar Panorama, Kamis (8/3/2018)

BENGKULU, PB – Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sepanjang jalan Kedondong Pasar Panorama Kecamatan Singaran Pati, Kamis (8/3) ditertibkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bengkulu. Kendati sempat ‘melawan’, namun akhirnya PKL pasrah menuruti petugas memundurkan lapak dagangnya diluar badan jalan dan trotoar jalan tersebut.

“PKL yang ditertibkan adalah PKL yang masih berjualan diatas badan jalan. Lapak mereka kita minta mundur dari badan jalan dan trotoar bahu jalan,” tegas Kepala Satpol PP Kota Bengkulu, Mitrul Ajemi melalui Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum, Martinah disela – sela penertiban.

Dilanjutkan Martinah, penertiban dilakukan agar arus lalulintas kendaraan di bilangan jalan tersebut kembali lancar, tidak macet seperti biasanya.

“Biasanya, memang macet. Karena, pedagang berjualan di badan jalan. Sehingga, jalan yang harusnya bisa dilintasi dua kendaraan roda empat sekaligus hanya mampu dilewati satu kendaraan saja,” ujar Martinah.

Sebagai upaya agar PKL tidak kembali lagi berjualan di badan jalan, Martinah mengaku telah meminta para PKL membuat surat perjanjian agar tidak mengulangi lagi perbuatannya.

“Para pedagang yang berjualan disini agar menuruti aturan yang berlaku. Jika tetap ngotot maka pihaknya tidak segan-segan akan mengangkut lapak serta seluruh dagangannya ke kantor Satpol PP Kota Bengkulu,” tegas Martinah.

Pantauan Pedoman Bengkulu, penertibam tidak hanya dilakukan di jalan kedonsong saja, melainkan juga dilakukan di jalan Belimbing pasar yang sama. [Ifan Salianto]