Penjabat Walikota Budiman Ismaun saat melakukan sidak ke Kantor Dukcapil Kota Bengkulu, Rabu (14/3/2018).

BENGKULU, PB – Guna memastikan pelayanan administrasi kependudukan berjalan dengan lancar, Penjabat Walikota, Budiman Ismaun, melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu, pada Rabu pagi (14/3/18).

Saat melihat ruang tunggu di kantor Dinas Dukcapil, Budiman mengeluhkan ruangannya sangat sempit dan panas. Hal tersebut dipicu karena banyak warga yang berdesakan mengantri untuk mengurus administrasi kependudukannya.

Untuk itu, Budiman menginginkan ruang tunggu di Dinas Dukcapil diperbaiki dan ditambahkan pendingin ruangan (AC).

“Ruangannya sangat sempit, terlihat berjejal orang mengantri di sini,” kata Budiman saat sidak.

Suasana pengurusan administrasi kependudukan di Kantor Dukcapil Kota, Rabu (14/3/2018).

Selain itu, karena kurangnya personil dalam Dinas Dukcapil, Budiman mengkritik kinerja Dinas Dukcapil. Ia menegaskan untuk pegawai Dukcapil agar mementingkan kepentingan masyarakat terlebih dahulu dibandingkan kepentingan pribadi, agar proses pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan berkas administrasi lainnya berjalan lancar.

“Pelayanan sudah cukup baik, namun tenaganya masih kurang, penataan ruangan, sarana dan prasarana masih sangat kurang. Untuk pelayanan masyarakat, baik pengurusan KTP, KK, administrasi pindah, dan lain-lain itu saya tidak mau ada kemacetan lagi,” pungkas Budiman. [Nadia Tri Hidayati/Advetorial]