Ilustrasi pengoperasian Air Conditioner

PENDINGIN ruangan atau lebih dikenal dengan AC (Air Conditioner) merupakan salah satu jenis barang elektronik yang populer digunakan di rumah maupun apartemen. Terutama untuk lokasi hunian yang berada di kawasan beriklim panas dan lembab.

Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah sejuk tanpa AC. Namun kembali lagi ke tingkat kebutuhan masing-masing keluarga.

Banyaknya varian merk dan teknologi yang terdapat pada AC di pasaran, membuat Anda dituntut lebih jeli sebelum memutuskan untuk membeli.

Berikut Central Elektro sajikan apa saja yang harus diperhatikan saat memilih AC:

1. Cari yang hemat listrik

Seringkali sebagian orang mengabaikan spesifikasi watt yang ada dalam AC. Padahal kapasitas Watt sangat berpengaruh terhadap konsumsi listrik. Untuk AC hemat energy beberapa merk terkenal telah menyediakan, seperti Panasonic 320 watt, Daikin 340 watt dan AUX 350 watt. Harga juga relatif lebih murah mulai dari 2.900.000 sampai dengan 3.300.000

Bila bingung memilih, fitur inverter yang saat ini sudah santer dipergunakan oleh sejumlah produsen AC bisa menjadi alternatif. Seperti merk Daikin dan Panasonic, untuk 0.5 Pk watt nya 200-320 watt. Sangat hemat bukan ?
Tetapi harga AC inverter tentu lebih mahal setengah PK dijual mulai dari 4.200.000

Kelebihan AC berteknologi ini adalah hanya diperlukan waktu singkat untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan. Kedua, tarikan pertama pada listrik 1/3 lebih rendah dibandingkan AC yang tidak dibekali teknologi inverter.

Selain itu, AC tipe ini lebih hemat energi karena menggunakan sumber daya 30% lebih kecil dibanding AC biasa. Terakhir, fluktuasi temperatur pada AC inverter hampir tidak pernah terjadi.

Kendati Anda telah membeli AC rendah watt, bukan berarti Anda tidak diharuskan menghemat energi.
Salah penggunaan justru dapat menyebabkan pemakaian listrik membengkak.

Berikut cara yang benar dalam memperlakukan AC di rumah :
Pertama, pilih AC sesuai luas ruangan yang hendak dipasang. Karena kapasitas yang tidak sinkron dapat menyebabkan AC tidak bekerja dengan efisien dan malah meningkatkan tagihan listrik Anda.
Kedua, atur suhu pada 25 derajat celcius atau setara dengan tingkat kenyamanan Anda.Gunakan pengatur waktu atau timer, dan sebaiknya matikan AC minimal satu jam sebelum bangun tidur agar mencegah kedinginan pada tubuh.
Ketiga, bersihkan atau service AC secara teratur, setiap tiga bulan setidaknya.

2. Kondisikan dengan tingkat kebutuhan

Umumnya, beberapa orang berpikir bahwa AC ½ PK (Paardekracht/ tenaga kuda) pas untuk ruang berukuran kecil.

Sebaliknya, ruang besar membutuhkan AC 2 PK, tanpa mempertimbangkan tingkat kebutuhan. Jarang disadari, ternyata ada rumus menghitung kapasitas AC berdasarkan ukuran ruang.

(PxL) x 500 BTU
Contoh Ruangan 3×3 m
(3×3) x 500 = 4.500
Jadi untuk ruangan 3×3 m, idealnya menggunakan AC 0.5 Pk

Kapasitas AC berdasarkan PK adalah :

AC ½ PK = ± 5.000 BTU/jam

AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/jam

AC 1 PK = ± 9.000 BTU/jam

AC 1½ PK = ±12.000 BTU/jam

AC 2 PK = ±18.000 BTU/jam

Bagi anda yang membutuhkan konsultasi tentang kebutuhan dan service AC rumah atau Kantor. Bisa menghubungi CV.Central elektro Dealer Spesialis AC Rumah di Bengkulu. Yang beralamat di Jl.Salak Raya nomor 99, Lingkar Timur Telpon 07367324996 atau call center 08117360422. [Nurhas Bunaida]