Pelepasan keberangkatan mahasiswa UMB ke Khon Kaen University Thailand selama satu bulan sejak 24 April hingga 21 Mei 2018, Minggu (22/04/2018).

KERJASAMA yang telah dilakukan oleh Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) dengan sejumlah universitas ternama di Thailand akhirnya benar-benar terealisasi.

Peristiwa tersebut dapat dilihat dari kegiatan pelepasan keberangkatan 10 mahasiswa yang telah lolos untuk mengikuti Student Exchange Faculty Of Agriculture Muhammadiyah University Of Bengkulu to Faculty Of Agriculture Khon Kaen University Thailand selama satu bulan sejak 24 April hingga 21 Mei 2018.

Acara pelepasan keberangkatan mahasiswa dilaksanakan pada pukul 16.00-17.00 WIB di Aula Lantai 1 Gedung KH Ahmad Dahlan Kampus IV UMB, dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor IV, dekan Fakultas Pertanian, dan para dosen Fakultas Pertanian UMB.

Menurut Dekan Fakultas Pertanian UMB, Novitri Kurniati SP MP, mahasiswa yang mengikuti Student Exchange ini selain mengikuti kegiatan di kelas dan laboratorium juga akan mengikuti kegiatan di kebun-kebun percobaan Khon Kaen University. Sebelum diberangkatka, para mahasiswa ini sudah dibekali dengan kursus Bahasa Inggris.

Rektor saat memberikan arahan.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa 10 mahasiswa ini akan berangkat pada hari Senin (23/04/2018) didampingi oleh dekan Fakultas Pertanian UMB untuk melakukan penandatangan MoU.

Dilain pihak, Dr H Ahmad Dasan SH MA, Rektor UMB, dalam pengarahannya menyampaikan bahwa Studen Exchange ke Khon Kaen University ini merupakan sejarah baru bagi UMB.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, karena ini merupakan tuntutan ilmu sekaliagus sebagai ajang sosialisasi perkembangan kampus,” ungkap Ahmad Dasan, Minggu (22/04/2018).

Mahasiswa yang akan berangkat ke Thailand.

UMB, lanjutnya, terus berbenah dan menyiapkan diri untuk menjadi Universitas Islam yang unggul, terbuka dan berkemajuan yang salah satu bentuknya adalah membuka diri dan terus mendorong program studi maupun fakultas di lingkungan UMB untuk kerjasama dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri.

“Apa yang sudah dilakukan oleh Fakultas Pertanian saat ini merupakan awal dan pada bulan Agustus 2018 nanti mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan UMB juga akan mengikuti Student Exchange,” paparnya.

Rektor juga berpesan kepada para mahasiswa untuk mempelajari dan meniru sistem yang ada disana untuk diterapkan di Bengkulu.

Pelepasan ini ditutup dengan foto bersama.

Pantauan Pedoman Bengkulu, acara pelepasan keberangkatan mahasiswa peserta Student Exchange ini diakhiri dengan doa yang dipimpin langsung oleh Rektor UMB. [Nurhas Bunaida]