SELUMA, PB- Meskipun tapal batas antara Bengkulu Selatan dengan Seluma tak kunjung rampung. Namun sebanyak 188 Peraturan Bupati (Perbup) Seluma di keluarkan terkait penetapan dan penegasan batas desa dan kelurahan di kabupaten Seluma. Terkecuali 14 Desa belum dirampungkan setelah masih menunggu keputusan kemendagri.

“14 desa di kecamatan Semidang Alas Maras, masih menunggu penyelesaian di kemendagri sehingga baru bisa di tetapkan,” kata kepala bagian Administrasi pemerintahan Sekretariat Daerah Seluma, Nopetri elmanto kepada wartawan, Rabu (11/04/2018).

Menurutnya, penetapan batas desa dan kelurahan ini, adalah untuk penertiban administrasi kewilayahan di Masing-masing desa dan kelurahan di Kabupaten Seluma. Serta memudahkan dalam proses dan wilayah akta ketanahan. Sehingga seluruh desa mengetahui batas wilayah mereka masing-masing. Selain itu, peta wilayah juga akan di keluarkan berdasarkan perbup itu sendiri.

“Kita memberikan batas wilayah berdasarkan pengecekan bersama Topdam II Sriwijaya beberapa waktu lalu. Sehingga dibuatkan dalam bentuk peta masing-masing,” sambungnya.

Sedangkan untuk 14 desa yang belum di terbitkan perbup tersebut diantaranya adalah Desa Muaro maras, Talang Alai, Serian bandung dan Desa Suban serta beberapa desa lainnya. Mengingat batas kabupaten Seluma dengan Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) masih dalam pembahasan di kementrian dalam negeri.

“pembahasan tapal batas masih dilakukan sehingga masih menunggu. Dimana pada pertengahan April ini tapal batas akan di bahas kembali,” tutupnya. [Sepriandi]