Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkulu Selatan, Surahman

BENGKULU SELATAN, PB – Setelah 8 Desa/Kelurahan di Kabupaten Bengkulu Selatan menjadi sasaran program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2018, selanjutnya akan menyusul 16 Desa/Kelurahan yang akan menerima program PTSL.

Berdasarkan Surat Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor 181/100-17.01/III/2018 tanggal 10 April 2018, ke enam belas desa/kelurahan tersebut yakni Desa Bandung Ayu Kecamatan Pino Raya, Kelurahan Tanjung Mulya Kecamatan Pasar Manna, Kelurahan Kayu Kunyit Kecamatan Manna, Desa Selali Kecamatan Pino Raya, Padang Jawi Kecamatan Bungamas, Tanjung Aur Kecamatan Bungamas, Simpang Pino Kecamatan Ulu Manna, Tungkal II Kecamatan Pino Raya, Merambung Kecamatan Ulu Manna, Kuripan Kecamatan Bungamas, Lubuk Tapi Kecamatan Ulu Manna, Talang Indah Kecamatan Bungamas, Gunung Ayu Kecamatan Seginim, Limus Kecamatan Kedurang Ilir, Muara Pulutan dan Muara Payang Kecamatan Seginim.

Sebelumnya, pada tahap pertama PTSL di Bengkulu Selatan dipusatkan 8 Desa/Kelurahan yakni Kelurahan Gunung Mesir Kecamatan Pasar Manna, Desa Jeranglah Rendah Kecamatan Manna, Desa Durian Seginim Kecamatan Seginim, Muara Tiga Ilir Kecamatan Kedurang, Desa Pajar Bulan Kecamatan Kedurang, Desa Batu Kuning Kecamatan Ulu Manna, Tungkal I Kecamatan Pino Raya dan Kelurahan Masat Kecamatan Pino.

“Data sampai hari ini, dan hamper selesai. Jumlah bidang tanah di 8 Desa/Kelurahan yang sudah bersertifikat sebelum PTSL 2.072. Yang sudah diukur 2.034,. Yang sudah diukur 2.034, berkas yang masuk 1.847. Dan yang sudah jadi sertifikatnya dari PTSL sebanyak 751,” ungkap Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bengkulu Selatan, Surahman.

Seperti diketahui, bahwa target PTSL tahun 2018 di Bengkulu Selatan sebanyak 17 ribu bidang yang selesai pengukuran dan 14.450 bidang yang bersertifikat. [Apdian Utama]