Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Marah Halim

SELUMA, PB- Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Marah Halim mengatakan, seluas lebih kurang 4.000 hektare lahan sawah di empat Kecamatan Kabupaten Seluma kering hingga Oktober mendatang.

Keringnya areal persawahan ini karena ada perbaikan saluran Daerah Irigasi (DI) air Bendungan Seluma oleh pihak Balai di sejumlah titik.

“Ada bantuan langsung dari Kementerian berupa bibit dan pupuk. Tapi, dari 4.000 hektare ini tidak semuanya ditanami jagung, ada juga yang tanam Kedelai, ” kata dia kepada wartawan, Senin (16/04/2018).

Terkait besaran atau banyak bantuan yang akan diberikan kata dia, hal itu akan disesuaikan dengan luasan areal persawahan kelompok tani masing-masing.

“Kita sudah sampaikan ke Kementerian bahwa produksi beras kita tahun ini menurun. Tapi, produkai jagung kita meningkat,” jelasnya.

Dia menerangkan, rata-rata per hektarenya sawah petani Seluma menghasilkan 6,5 ton per hektare sekali musim tanam. Akibat adanya perbaikan irigasi Bendungan Seluma ini, lebih dari 16 ton produksi beras Seluma hilang dalam dua musim mendatang. [Sepriandi]