Peresmian pembangunan rumah susun MBR di Rejang Lebong, Selasa (24/4)

REJANG LEBONG, PB – Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi meresmikan pembangunan rumah susun untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), Selasa (24/4). Peresmian ditandai dengan peletakkan batu pertama, oleh Bupati Rejang Lebong. Ahmad Hijazi dan Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Kuswardono.

Program Rusun MBR ini merupakan usulan dari Pemkab Rejang Lebong tahun lalu ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Direktorat Jendral Penyediaan Perumahan, sesuai dengan surat usulan nomor: 600/376/DPU/2017 tertanggal 15 april 2017 lalu. Namun baru disetujui di tahun 2018.

Kucuran anggaran dari Kementerian PUPR senilai Rp13,2 miliar ini, rencananya bakal membangun satu twin blok rumah susun tipe 36, dengan konstruksi dua lantai diatas lahan seluas 1 hektar, yang dilengkapi meubeler, fasilitas umum, serta pembangunan jalan sebagai akses menuju rumah susun.

 

Diperkirakan rumah susun ini nantinya, siap menampung 42 Kepala Keluarga (KK) berpenghasilan rendah. Sesuai dengan kontrak pembangunan, rumah susun ini nantinya bakal rampung dikerjakan selama 240 hari kedepan atau pada akhir 2018 mendatang.

Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Kuswardono berpesan, agar kiranya dinas terkait melakukan pengawasan pembangunan rumah susun ini, agar hasilnya baik.

“Kami berpesan betul, dinas terkait dapat melakukan pengawasan terhadap pekerjaan proyek pembangunan rumah susun ini, agar kiranya dapat menghasilkan gedung yang baik. Bila kontraktornya macam-macam, laporkan kepada kami, maka kita akan langsung putuskan kontraknya,” tegas Kuswardono, Selasa (24/04/2018).

Disamping itu, Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas persetujuan Kementerian atas proposal bantuan rumah susun yang telah diajukan.

“Pertama kami ucapkan terima kasih kepada pak direktur yang telah hadir, dan telah menyetujui permohonan bantuan pembangunan rumah susun di Kabupaten Rejang Lebong ini. Kiranya rumah susun di Rejang Lebong tak hanya ini saja, mudah-mudahan di tahun depan, Rejang Lebong kembali mendapat bantuan pembangunan rumah susun lagi,” Ungkap Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi dalam sambutannya, Selasa (24/04/2018).

Tentunya, dengan berdirinya rumah susun bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki hunian, dapat membantu masyarakat kalangan menengah ke bawah untuk memiliki tempat tinggal dengan biaya sewa pakai yang jauh lebih murah dan tentu saja tidak memberatkan bagi masyarakat miskin. [Benny Septiadi]