Pengukuhan PDHI Cabang Bengkulu di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Sabtu (28/4/2018).

BENGKULU, PB – Sesuai dengan Surat Keputusan Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PBPDHI) Nomor 54/Kpts/KU/PBPDHI/04-2018 tentang Pengesahan Pengurus PDHI Cabang Bengkulu, dilakukan pengukuhan PDHI Cabang Bengkulu di Gedung Daerah Balai Raya Semarak Bengkulu, Sabtu (28/4/2018).

Dihadiri sekitar 85 orang dokter hewan dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu, acara ini juga dihadiri oleh Ketua Umum PBPDHI Pusat, Dr Drh Heru Setijanto, PAVet (K) untuk melantik secara langsung pengurus PDHI Cabang Bengkulu Periode 2018-2022.

Dalam sambutannya, Heru Setijanto mengungkapkan bahwa sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, keberadaan Keswan dan Kesmavet di setiap daerah wajib ada.

“Sesuai dengan peraturan yang berlaku bahwa keswan dan kesmavet itu wajib ada di daerah dan pemerintah daerah harus memfasilitasi hal tersebut, pemerintah dan pemda wajib memperhatikan dan meningkatkan posisi keswan dan kesmavet,” ungkap Heru.

Plt Gubernur Rohidin Mersyah saat memberikan sambutan.

Dilanjutkan Heru, bahwa di lapangan dibutuhkan dokter hewan yang benar-benar kompeten.

“Kita butuh orang-orang lapangan yang kompeten. Nah, tugas kita, bagaimana kita bisa memfasilitasi rekan-rekan dokter hewan dan para sejawat untuk meningkatkan kompetensi mereka. Sekarang dokter hewan tidak bisa bekerja sembarangan, tapi harus legal, harus punya izin dan teregistrasi,” imbuhnya.

Senada dengan ketua umum pusat, Drh Hafli Hasibuan MM, Ketua PDHI Cabang Bengkulu Periode 2018-2022 juga mengatakan bahwa PDHI Cabang Bengkulu kedepan akan meningkatkan peran pembangunan kesehatan hewan di Provinsi Bengkulu.

“Kami akan berusaha meningkatkan peran PDHI dalam pembangun kesehatan hewan di Bengkulu. PDHI akan membuka ruang seluas-luasnya untuk kerjasama dengan intansi dan stake holder lainnya,” kata Hafli.

Ketua Umum PBPDHI Pusat, Dr Drh Heru Setijanto, PAVet (K) saat melakukan pengukuhan pengurus PDHI Bengkulu.

Dilain sisi, Rohidin Mersyah selaku Plt Gubernur Bengkulu yang juga turut hadir dalam kegiatan saat ditemui Pedoman Bengkulu mengungkapkan bahwa kebutuhan dokter hewan di Provinsi Bengkulu sangat minim.

“Sumber daya dokter hewan di Bengkulu ini sangat sedikit, sedangkan untuk memfilter masuknya ternak ke Bengkulu untuk mencegah bahaya penyakit ternak ini sangat dibutuhkan tenaga dokter hewan yang banyak. Maka dari itu, harus harus ada lompatan-lompatan dokter hewan untuk mengatasi hal tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi zaman sekarang,” kata Rohidin.

Menurut Rohidin, wujudnya bisa saja dalam bentuk kerjasama dengan pihak penyedia layanan informasi atau lain sebagainya. Dengan demikian Bengkulu dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan ternak. [Deni Dwi Cahya/Humas Pemprov/Adv]

Berikut nama-nama pengurus yang dilantik:

Ketua Umum : Drh Hafli Hasibuan MM
Wakil Ketua : Drh Nopi Yeni MMA
Sekretaris : Drh Jananta
Wakil Sekretaris : Drh Siti Istiqomah MSi
Bendahara : Drh Nur Idha Antari
Wakil Bendahara : Drh Henny Kusumadewi
Bidang Pengembangan Profesi dan Pendidikan : Andre Afriaidi Rahman
Bidang Advokasi dan Hukum : Drh Hemey Puji Harsanti
Bidang Humas dan Pengabdian : Drh Okman Eka Putra

Koordinator-koordinator

Kota Bengkulu : Drh Henny Kusumadewi
Kabupaten Kaur : Drh Rahmat Fajar
Kabupaten Bengkulu Selatan : Drh Mungky Warnadela
Kabupaten Seluma : Drh David Viter Olele
Kabupaten Bengkulu Tengah : Drh Amalia Mukhlis Rahman
Kabupaten Kepahyang : Drh Muhibuddin
Kabupaten Rejang Lebong : Drh Firi Asdianto
Kabupaten Lebong : Drh Yudi Yurnalis
Kabupaten Bengkulu Utara : Drh Dwi Kurniawati
Kabupaten Muko-muko : Drh Yeni Misra

Ketua Panitia Acara Drh Hemey Puji Harsanti saat memberikan laporan kegiatan.
Ketua PDHI Cabang Bengkulu Periode 2018-2022 Drh Hafli Hasibuan MM
Para tamu undangan yang hadir.