Anggota KPU Provinsi Bengkulu saat menerima pendaftaran bakal calon DPD RI di Kantor KPU Provinsi Bengkulu, Kamis (26/4/2018).

BENGKULU, PB – Memasuki hari terakhir pendaftaran bakal calon (balon) Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Kamis (26/4/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu telah menerima 14 berkas pendaftaran balon.

Setelah pendaftaran dibuka sejak tanggal 22 April 2018 lalu hingga saat ini KPU telah menerima sejumlah 14 balon DPD RI periode 2019-2024.

Zainan Sagiman, Anggota KPU provinsi Bengkulu saat ditemui Pedoman Bengkulu mengungkapkan bahwa pihaknya hingga sore ini pukul 17.00 WIB telah bertambah dua berkas dari balon Riri Damayanti dan Fatrolazi.

“Baru saja kita terima berkas dari Riri Damayanti dan Fatrolazi,” ucap Zainan.

Melalui Zainan, KPU mengungkapkan bahwa sudah 14 bakal calon telah menyerahkan berkas dukungan.

Dari sejumlah nama-nama balon yang telah mengumpulkan berkas, dua balon diantaranya berkas dikembalikan untuk diperbaiki dan dilengkapi.

“Yang kami kembalikan berkas Ita Jamil dan Harmen Malik. Pengembalian berkas ini artinya masih dalam rangka proses dan belum ditolak,” kata Zainan.

Dikatakan Zainan, setelah diserahkan, berkas akan dihitung dan dicocokkan dengan jumlah minimal, serta disesuaikan antara berkas hardcopy dengan softcopy.

“Selanjutnya apabila berkas hardcopy dan softcopy sesuai dan memenuhi jumlah minimal kami akan memberikan tanda terima dan dilanjutkan dengan proses administratif kurang lebih selama tujuh hari oleh KPU dan dilanjutkan dengan verifikasi faktual,” imbuhnya.

Apabila dalam proses verifikasi faktual ada data ganda internal, maka KPU akan mengenakan sanksi penggantian hingga 50 KTP.

Untuk hari terakhir pendaftaran ini, KPU akan menunggu peserta lainnya untuk mengumpulkan berkas hingga tengah malam nanti.

“Untuk peserta yang lain apabila ada yang ingin mengumpulkan berkas, hari terakhir ini dan akan kami tunggu hingga pukul 24.00 WIB,” tutup Zainan. [Deni Dwi Cahya]

Berikut nama Balon DPD RI yang telah menyerahkan berkas pendaftaran:

  1. Riri Damayanti John Kennedy
  2. Barlian
  3. Abdul Haris Ma’mun
  4. Eni Khairani
  5. Agusti
  6. Elfi Hamidy
  7. Ahmad Kanedy
  8. Abdul Rauf Tika
  9. Fatrolazi
  10. Hermen Malik
  11. Cupli Risman
  12. Heri Budianto
  13. Adri Liyusno
  14. Emilia Puspita

Menjadwalkan pemberian berkas pendaftaran hingga pukul 24.00 WIB:

  1. Sultan B Najamudin
  2. Adiansyah