HASIL Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah diumumkan secara luas oleh pihak panitia, baik melalui media elektronik maupun media cetak.

Hasilnya, banyak sekali siswa yang tidak lulus masuk perguruan tinggi keinginannya. Namun, untuk para siswa yang belum bisa masuk ke perguruan tinggi favoritnya melalui SNMPTN tidak perlu risau, pasalnya masih ada jalur kedua untuk memasuki Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favoritnya.

Jalur kedua tersebut yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) untuk perguruan tinggi islam.

Jalur SBMPTN dan UM-PTKIN menjadi obat mujarab bagi siswa yang belum bisa lulus SNMPTN. Melalui jalur ini siswa akan melakukan ujian tes tertulis bersama seluruh siswa-siswi yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri yang ada di seluruh Indonesia.

Namun, soal-soal yang diujikan pada SBMPTN dan UM-PTKIN bukanlah sembarang soal yang sering kita temui di Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Melihat pengalaman tahun-tahun sebelumnya banyak sekali siswa yang tidak tahu bahkan kaget ketika mendapati soal yang diujikan ketika tes tertulis SBMPTN dan UM-PTKIN.

Menanggapi persoalan tersebut, banyak juga pihak yang turut memfasilitasi dan membantu siswa-siswi yang mendaftar sebagai peserta SBMPTN melalui bimbingan belajar oleh lembaga swasta ataupun organisasi-organisasi dan wadah lainnya.

Salah satunya juga dilakukan oleh organisasi kedaerahan Himpunan Mahasiswa Bengkulu Utara atau yang sering disebut dengan singkatan HIMABU.

Tahun ini menjadi tahun ketiga HIMABU menyelenggarakan bimbingan belajar dan Try out bagi peserta SBMPTN. Bermodal pengalaman selama dua tahun penyelenggaraan kali ini pihaknya mengonsep Try Out SBMPTN sebagai wadah belajar bersama untuk memberikan pembelajaran dan pelatihan kepada peserta dalam menghadapi ujian SBMPTN dan UMPTKIN 2018.

Andri Pratama, Ketua Umum HIMABU saat ditemui Pedoman Bengkulu, Kamis (19/4/2018) mengungkapkan bahwa pihaknya menyiapkan kegiatan ini karena kebutuhan setiap tahunnya bagi para peserta SBMPTN dan UMPTKIN.

“Untuk kawan-kawan yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN dan UMPTKIN, Himpunan Mahasiswa Bengkulu Utara memberikan wadah latihan dan sarana uji coba untuk menghadapi ujian SBMPTN dan UMPTKIN 2018. Wadah ini kami konsep dalam bentuk ujian try out yang akan dikerjakan oleh peserta dengan hasil yang akan disampaikan langsung kepada peserta dengan sistem ranking yang juga akan diberikan hadiah dan uang pembinaan,” kata Andri.

Dilanjutkan Andri, kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 April 2018 di Gedung Auditorium Universitas Bengkulu. Ada tiga gelombang pendaftaran, gelombang pertama pada tanggal 1 hingga 10 April, Gelombang kedua 11 hingga 20 April dan gelombang ketiga 21 hingga 27 April 2018.

“Try Out SBMPTN dan UMPTKIN ini kami buka untuk umum dan kuota peserta maksimal hanya 200 orang,” ungkap Andri.

Melalui kegiatan Try Out ini, pihaknya berharap dapat memberikan kontribusi pengetahuan untuk peserta sebagai modal menghadapi ujian SBMPTN ataupun UMPTKIN.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membantu peserta menghadapi ujian yang sebenarnya dan bisa masuk di PTN yang diinginkan,” tutupnya.

Deni Dwi Cahya, Kontributor Pedoman Bengkulu