Kabag Kesra Sekretariat Daerah Bengkulu Selatan Amir Syofian

BENGKULU SELATAN, PB – Honor pengurus Masjid dan Gereja di Kabupaten Bengkulu Selatan segera cair. Saat ini tengah proses pembuatan rekening di Bank Bengkulu.

Dijelaskan Kabag Kesra Sekretariat Daerah Bengkulu Selatan Amir Syofian, sebanyak 52 Masjid di desa dan 84 Masjid di Kelurahan honornya dibayar melalui APBD Kabupaten. Termasuk 5 Gereja.

“Total Masjid 359, sisanya itu dibayar melalui Anggaran Desa,” jelas Amir Syofian, Selasa (3/4/2018).

Adapun besaran honor yang akan dibayar untuk Imam Rp 500 ribu, Khatib Rp 400 ribu, Bilal dan Gharim masing-masing Rp 300 ribu per bulan.

“Begitu juga untuk pengurus Gereja, Ketua, Sekretaris dan anggota bervariasi dari Rp 300 sampai Rp 500 ribu per bulan. Yang akan dibayarkan nanti untuk honor Bulan Januari sampai Maret,” beber Amir Syofian.

Sementara itu, terkait dengan honor guru ngaji, Pemkab Bengkulu Selatan akan memberikan honor di angka Rp 250 sampai Rp 300 ribu.

“Untuk penanggungjawab pembayaran honornya dibagi, ada yang jadi tanggungjawab desa, Pemerintah kabupaten, Baznas Kabupaten dan Provinsi. Masing-masing desa dibebankan pembayaran satu orang guru ngaji,” tandasnya.

Dirincikannya, sebanyak 142 guru ngaji dibayar dari APBDes (desa), 90 guru ngaji dari tenaga Penyuluh Agama Islam dibayar oleh Kemenag, 70 orang dibayar dari Baznas Kabupaten dan 47 orang guru ngaji diproyeksikan untuk dibayar melalui Baznas provinsi Bengkulu. [Apdian Utama]